Sirekap Sementara Pilkada Kendal: Suami Chacha Frederica Unggul

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 15:00 WIB
Sirekap sementara KPU untuk Pilkada Kendal 2020
Foto: Sirekap sementara KPU untuk Pilkada Kendal 2020 (tangkapan layar Sirekap KPU)
Kendal -

Suami artis Chacha Frederica yang maju sebagai calon Bupati Kendal, Jawa Tengah, Dico M Ganinduto, untuk sementara unggul atas dua kontestan lain. Perolehan suara sementara Pilkada Kendal 2020 ini didasarkan pada Sistem Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara (Sirekap) KPU.

Berdasarkan laman https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/3324 update Jumat (11/12/2020) pukul 14.10 WIB, progres: 1.963 dari 2.242 TPS (87,56 persen), pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Dico M Ganinduto-Windu Suko Basuki memperoleh 245.942 suara atau 49,4 persen.

Selanjutnya paslon nomor urut 2 Ali Nurudin-Yekti Handayani meraup 186.884 suara atau 37,5 persen. Sedangkan paslon nomor urut 3 Tino Indra Wardono-Mukh Mustamsikin memperoleh 64.969 suara 13,1 persen.

Untuk diketahui, Dico M Ganinduto-Windu Suko Basuki diusung oleh lima partai politik yakni Partai Golkar (3 kursi), Demokrat (3 kursi), PAN (3 kursi), PKS (2 kursi) dan Partai Perindo (1 kursi), atau total 12 kursi di DPRD Kendal.

Kemudian paslon Ali Nurudin-Yekti Handayani diusung PKB (10 kursi), Gerindra (6 kursi), NasDem (2 kursi), total 18 kursi. Dan pasangan Tino Indra Wardono-Mukh Mustamsikin diusung PDIP (10 kursi) dan PPP (5 kursi), total 15 kursi.

Soal Sirekap KPU

KPU menyatakan data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap. Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

KPU mengatakan apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan

"Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka," demikian tulis KPU.

Sebelumnya, Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Jateng, Paulus Widiyanto, mengatakan data tersebut adalah hasil dari proses Sirekap per TPS.

"Belum dapat disebut real count. Bagi kami, real count itu hasil pleno rekap berjenjang nantinya," kata Paulus saat dihubungi detikcom, Kamis (10/12).

"Masih bisa dilakukan koreksi manakala terjadi kesalahan penulisan atau hasil pembacaan dalam Sirekap," imbuhnya.

(rih/sip)