Ruang Isolasi Pasien Corona di RSUD Kraton Pekalongan Kebakaran

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 21:09 WIB
Ruang isolasi pasien virus Corona atau COVID-19 di RSUD Kraton, Kota Pekalongan, kebakaran, Selasa (8/12/2020).
Ruang isolasi pasien virus Corona atau COVID-19 di RSUD Kraton, Kota Pekalongan, kebakaran, Selasa (8/12/2020). Foto: Robby Bernardi/detikcom
Kota Pekalongan - Sebuah ruang isolasi pasien virus Corona atau COVID-19 di RSUD Kraton, Kota Pekalongan, kebakaran sore tadi. Sebanyak 10 pasien Corona yang tengah menjalani perawatan langsung dievakuasi.

Saat dimintai konfirmasi, Direktur RSUD Kraton dr Eko Wigiantoro membenarkan peristiwa kebakaran salah satu ruang isolasi pasien Corona tersebut.

"Ya, ada kebakaran di situ. Tapi api belum sempat membesar sudah bisa dipadamkan petugas pemadam kebakaran. Terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, satu jam bisa dipadamkan petugas pemadam," kata Eko saat ditemui wartawan di RSUD Kraton, Selasa (8/12/2020).

Eko menjelaskan, ruangan yang terbakar tersebut merupakan Ruang Anggrek. Ruang Anggrek ini terdapat 12 kamar, namun yang digunakan untuk pasien Corona hanya 10 kamar.

"Kamar yang terbakar satu kamar yakni kamar nomor 3. Titik api muncul di kamar itu," ungkap Eko.

Eko menceritakan, saat kejadian, di Ruang Anggrek tersebut terdapat 10 pasien Corona yang tengah dirawat. Saat itu semua pasien panik dan langsung dievakuasi ke ruangan yang lebih aman.

"Di ruangan itu (Anggrek) ada 10 orang dan tengah diisolasi di ruang tersebut. Langsung dievakuasi seluruh pasien ke Ruang Seruni," katanya.

"Semua pasien dan tenaga kerja panik dan langsung lari ke lokasi yang lebih aman langsung diarahkan ke Ruang Seruni. Kebetulan ada jalan pintas yang langsung tembus ke Ruang Seruni. Jadi, semuanya aman," lanjut Eko.

Eko menambahkan, titik api yang berasal dari kamar nomor 3 tersebut diduga dipicu dari salah satu alat medis yang terlalu panas hingga terbakar.

"Diduga, karena ada salah satu alat kesehatan yang diduga korsleting listrik. Alhamdulillah semua pasien selamat dan kerugian hanya materiil saja," ujarnya.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Kapolres Pekalongan Kota AKBP M Irwan Susanto mengatakan bahwa penyebab terjadinya kebakaran di ruang isolasi pasien Corona RSUD Kraton diduga karena korsleting.

"Pemicu kebakaran, diduga karena ada alat medis yang panas hingga terbakar karena terlalu lama digunakan," kata Irwan. (rih/mbr)