Perjalanan Logistik Pilkada Pekalongan, Seberangi Sungai-Susuri Hutan Bakau

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 16:17 WIB
Perjalanan logistik Pilkada 2020 menuju ke Dusun Simonet Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Selasa (12/8/2020).
Pengiriman logistik Pilkada 2020 ke Dusun Simonet, Kabupaten Pekalongan, Selasa (8/12/2020). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan -

Perjalanan logistik Pilkada 2020 menuju ke tempat pemungutan suara (TPS) tak selalu melalui jalan mulus. Seperti yang terjadi pada perjalanan logistik di Kabupaten Pekalongan menuju ke TPS 5 di Dusun Simonet yang harus menyeberang sungai dan menyusuri hutan bakau.

Pantauan detikcom, Selasa (8/12/2020), logistik diangkut dari kantor Balai Desa Semut dengan mobil patroli Polsek Wiradesa hingga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Wonokerto. Logistik pilkada yang dibawa dengan kawalan personel Polri-TNI itu kemudian dipindahkan ke perahu untuk menyeberang muara Wonokerto yang menghubungkan ke Dusun Simonet, Desa Semut.

Kurang dari 10 menit, perjalanan menyeberang muara ini berlanjut dengan jalan kaki menyusuri jalan setapak hutan bakau.

"Kita usai mengantar dan mengawal distribusi logistik ke TPS 5 di Simonet. Kami, Polri-TNI memastikan bahwa logistik aman hingga pelaksanaan besok, ada petugas juga yang menjaganya," kata Kapolsek Wiradesa AKP Agus Sulis kepada wartawan, Selasa (8/12/2020).

Seorang tokoh masyarakat di Dusun Simonet, Rasjoyo, menceritakan daratan dusun ini dahulu tak terpisah seperti sekarang. Dulunya untuk menuju Dusun Simonet bisa melalui jalan beraspal dari Pantai Depok, Kecamatan Siwalan.

Namun karena abrasi dan terpaan gelombang tinggi, jalur itu lama-kelamaan terputus.

Perjalanan logistik Pilkada 2020 menuju ke Dusun Simonet Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Selasa (12/8/2020).Perjalanan pengiriman logistik Pilkada 2020 menuju ke Dusun Simonet Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Selasa (8/12/2020). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Untuk keluar masuk di dusun, warga biasanya menggunakan perahu untuk menyeberang muara yang menghubungkan Dusun Simonet dengan TPI Wonokerto. Dusun Simonet kini bak sebuah pulau tersendiri.

Dusun Simonet memiliki luas 12 hektare dan didominasi oleh kebun melati dan tambak. Hanya sekitar 30 persen dari luas dusun ini yang berupa permukiman dan dihuni oleh 265 jiwa.

Menurut Rasjoyo, di dusunnya terdapat 180 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2020.

"Warga sini selalu turut serta aktif saat pemilu seperti saat ini. Di sini ada dua RT namun dijadikan satu TPS-nya yakni TPS 5," katanya.

Cerita sesepuh tentang terputusnya akses ke Dusun Simonet pada 2005...

Selanjutnya
Halaman
1 2