2 Pejabat Pemkot Solo Positif Corona, Walkot dan Sekda Ikut Diswab

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 07 Des 2020 19:39 WIB
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, kembali menarik perhatian warganet. Kali ini Rudy bikin heboh karena kenakan masker bergambar kumis yang mirip dengan wajahnya
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Dua pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo hingga Sekda Solo Ahyani ikut menjalani tes swab karena pernah dalam satu ruangan rapat.

Ahyani membenarkan ada dua pejabat yang positif COVID-19. Diketahui, keduanya menjabat Kepala Bagian (Kabag) Hukum dan Kabag Organisasi.

"Iya, ada dua (kepala OPD)," kata Ahyani saat dihubungi wartawan, Senin (7/12/2020).

Kantor pegawai yang positif COVID-19 tersebut akan ditutup untuk sementara. Petugas akan melakukan sterilisasi untuk mengantisipasi penularan kepada pegawai lainnya.

"Kita tracing dulu kontaknya siapa saja. Hanya kantor yang bersangkutan yang ditutup sementara untuk disemprot disinfektan," ujar dia.

Ahyani mengatakan pelayanan di Balai Kota Solo tetap dilakukan seperti biasa. Masyarakat dan petugas tetap diwajibkan menjaga protokol kesehatan COVID-19.

"Pelayanan tetap seperti biasa, nggak ada lockdown. Rapat-rapat juga masih bisa virtual," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengakui dirinya menjalani tes swab hari ini. Dia terakhir kontak dekat dengan pejabat positif COVID-19 tersebut sekitar 10 hari yang lalu.

"Iya tadi serumah dinas di-swab. Sebetulnya sudah lama kontaknya, Jumat dua pekan lalu," kata Rudy saat dihubungi wartawan.

Dengan kondisi tersebut, sejumlah kegiatan akan dilakukan secara virtual. Saat ini dirinya merasa sehat dan tidak merasakan gejala.

"Diminta Bu Ning (Kepala Dinas Kesehatan) kurangi aktivitas. Rapat bisa virtual. Saya sehat kok, waras wiris," tutupnya.

(ams/rih)