Hujan Disertai Lisus di Klaten, Belasan Rumah Rusak

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 20:25 WIB
Pohon tumbang di Desa Solodiran, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Sabtu (5/12/2020).
Pohon tumbang di Desa Solodiran, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Sabtu (5/12/2020). Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Hujan disertai angin kencang atau lisus menyasar Kecamatan Manisrenggo dan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Akibatnya, belasan rumah dilaporkan rusak dan puluhan pohon tumbang.

"Kejadiannya di Kecamatan Manisrenggo dan Kemalang. Sebanyak tiga rumah rusak berat, 16 rusak ringan dan dua jaringan PLN, tidak ada korban jiwa," jelas Kabid Logistik BPBD Pemkab Klaten, Sri Yuwana Haris Yulianto, Sabtu (5/12/2020).

Setelah mendapat laporan kejadian tersebut, lanjutnya, warga dan relawan BPBD melakukan assessment di lima desa.

"Ada lima desa. Di Kecamatan Manisrenggo ada Desa Solodiran, Kepurun, Kranggan dan Taskombang serta Desa Talun di Kecamatan Kemalang," papar Haris.

Terpisah, Camat Manisrenggo, Raharjo Budi Setiyanto, mengatakan kejadian tersebut berawal ketika hujan turun pada pukul 12.30 WIB. Kemudian disertai angin kencang.

"Saya kebetulan baru di perjalanan pulang. Angin cukup kencang bersama hujan dan menjelang sore ada laporan pohon tumbang," ungkap Raharjo saat dihubungi.

Raharjo memaparkan, pohon tumbang terjadi di Desa Solodiran, yakni Dusun Mangunan, Krogonalan, Jogoyudan dan Trowangsan. Kemudian dilaporkan 16 rumah tertimpa pohon dan satu jaringan PLN.

"Ada 16 rumah di Desa Solodiran yang rusak. Di Desa Kepurun ada pohon tumbang menutupi jalan, di Desa Kranggan satu rumah rusak ringan tertimpa pohon dan di Desa Taskombang ada dua rumah tertimpa pohon," terang Raharjo.

Salah satu relawan warga Desa Solodiran, Suryanto, mengatakan ada sekitar 30 titik pohon yang tumbang dan mengenai rumah, jalan dan jaringan listrik.

"Ada sekitar 30 titik lokasi pohon tumbang. Data sementara sudah kami laporkan ke BPBD, ini masih pendataan," jelas Suryanto di lokasi.

(rih/rih)