Sungai Serayu Meluap, Jalan Patikraja-Banyumas Kebanjiran

Arbi Anugrah - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 11:32 WIB
Banjir di jalan Patikraja-Banyumas, Kamis (3/12/2020).
Banjir di jalan Patikraja-Banyumas, Kamis (3/12/2020). (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas -

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah semalaman tadi membuat Sungai Serayu meluap. Akibatnya, jalan provinsi penghubung Kecamatan Patikraja-Banyumas terpantau digenangi banjir.

Pantauan detikcom, Kamis (3/12/2020), sekitar pukul 09.00 WIB, banjir di jalan tersebut tingginya mencapai pinggang orang dewasa. Hanya truk besar yang bisa melintas di jalan yang berada di pinggir Sungai Serayu tersebut.

Sedangkan sejumlah sepeda motor terpaksa harus dinaikkan ke atas gerobak untuk melintasi banjir.

Bahkan di beberapa titik jalan dari Patikraja menuju Banyumas, terlihat warga yang sedang sibuk mengevakuasi barang-barang dari dalam rumahnya yang mulai kebanjiran.

Banjir di jalan Patikraja-Banyumas, Kamis (3/12/2020).Banjir di jalan Patikraja-Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (3/12/2020). (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)

"Semalam belum (banjir), baru tadi pagi pukul 07.00 WIB, tadi pagi kita cek air di Sungai Serayu masih belum naik. Kalau sini hujan deras, sana (hulu) tidak hujan, sini tidak banjir. Kemungkinan sana (hulu) hujan deras. Baru pertama kali banjir selama saya tinggal di sini, dulu tahun 2.000 pernah sampai sini juga," kata seorang warga Desa Pegalongan, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas, kepada wartawan, Kamis (3/12/2020).

Kanit Binmas Polsek Patikraja Banyumas, Ipda Agung Setiawan, menambahkan banjir mulai menggenangi ruas jalan tersebut sekitar pukul 06.00 WIB.

"Banjir ini akibat meluapnya Sungai Serayu. Sejak semalam warga di sekitar aliran sungai sudah antisipasi, pagi tadi air mulai meluap," kata Agung di lokasi kejadian.

Agung menjelaskan, panjang ruas jalan yang tergenang sekitar 100 meter dengan kedalaman antara 50 hingga 80 cm.

"Semakin ke tengah, airnya semakin tinggi," ujar Agung.

(sip/mbr)