'Debat Publik' Calon Tunggal Pilwalkot Semarang, Janji Nihil Penggusuran

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 20:33 WIB
Debat Publik Pilwalkot Semarang, 2/12/2020
Debat Publik Pilwalkot Semarang, Rabu (2/12/2020). (Foto: Angling AP/detikcom)
Semarang -

Pasangan tunggal peserta Pilwalkot Semarang, Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hend-Ita) melaksanakan 'debat publik' terakhir. Dalam acara debat yang hanya diikuti peserta tunggal petahana tersebut, Hendi-Ita menjanjikan tidak akan menggusur PKL di periode kedua nanti.

Karena merupakan pasangan tunggal, debat publik menjadi penajaman visi misi digelar di Acara digelar di Hotel Patra Semarang, Rabu (2/12/2020). Sebagai panelis adalah Suhanomo (Dekan FE Undip), Indah Susilowati (Undip), Joko Handoyo (Ketua IDI Jateng), Prie GS (budayawan), dan Kyai Ubaidillah Shodaqoh (ulama).

Saat ditanya panelis soal pedagang kaki lima (PKL) yang menempati trotoar sehingga mengganggu estetika kota, Ita menjanjikan akan membangun sentra PKL. "Tahun depan akan dibuat lima taman yang digunakan untuk sentra PKL, ada juga fasilitas seperti di Kalisari, di belakang Kali Semarang digunakan untuk sentra PKL," kata Ita.

Ita juga menjelaskan akan membantu perizinan termasuk pengurusan di BPOM bagi PKL. "Ini salah satu prioritas Hendi-Ita, " tegas Ita.

Sedangkan Hendi menjelaskan, penataan PKL tidak bisa hanya berdasar penegakan hukum tapi juga kemanusiaan. Menurutnya dalam periode pertama tidak ada penggusuran tapi relokasi, sehingga tempat pindah bagi PKL sudah siap.

"Maka tidak ada istilah penggusuran tapi relokasi. Saat relokasi sudah siap kita minta pindah ke tempat yang lebih baik, ini sisi hebatnya. Mungkin di tempat lain tidak ada relokasi suruh pergi," jelas Hendi.

"Kami komitmen pada periode kedua kalau terpilih kami tidak akan melakukan penggusuran PKL tapi kami akan menata PKL supaya mampu bersinergi dengan estetika kota dan mereka mampu tingkatkan pendapatan untuk keluarganya," imbuhnya.

(mbr/sip)