Pelaku-Korban Saling Kenal, Polisi Dalami Motif Penembakan Mobil Bos Tekstil

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 20:25 WIB
Mobil bos pabrik tekstil yang ditembaki di Solo, Rabu (2/12/2020).
Mobil bos pabrik tekstil yang ditembaki di Solo, Rabu (2/12/2020). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo -

Polisi mengungkap antara korban penembakan mobil bos tekstil, I (72), dengan pelaku LJ (72) saling mengenal. Polisi pun mendalami motif penembakan mobil bos pabrik tekstil asal Karanganyar tersebut.

"Tersangka dan korban saling kenal sebelumnya. Nanti terus kita dalami motif penembakan," kata Kapolresta Solo, Kombes Ade Safri Simanjuntak, di Mapolresta Solo, Rabu (2/12/2020).

Peristiwa penembakan itu terjadi di Jalan Monginsidi, Banjarsari, Solo, pada Rabu (2/12) sekitar pukul 12.00 WIB tadi. Saat itu korban I bersama sopirnya sedang keluar dari rumah untuk makan siang.

Kemudian pelaku bersama istrinya tiba-tiba menghentikan mobil I dan masuk ke dalam mobil. Mereka lalu menuju rumah sarang walet milik pelaku di Jalan Monginsidi.

Tiba di lokasi, pelaku kemudian turun dari mobil. Korban juga diminta turun namun tidak menggubris.

"Driver melihat gelagat yang tidak baik dari pelaku LJ. Pelaku membawa senjata api yang diselipkan di celana bagian depan. Driver langsung putar balik," kata Ade Safri.

Saat korban meninggalkan lokasi, pelaku menembaki mobil korban. Korban kemudian mengamankan diri dengan masuk ke Mako Brimob Detasemen C Pelopor yang tak jauh dari sarang walet.

"Tidak ada korban jiwa hanya kerugian materiil mobil," terang Ade Safri.

Dalam kasus ini, polisi menyita barang bukti berupa 1 pistol jenis walter kaliber 22 berikut 3 magazine dan 62 butir peluru yang belum digunakan kaliber 22 mm. Pelaku ditangkap di PO bus Karanganyar.

"Alhamdulillah tidak lebih dari 2 jam dilakukan penangkapan ruang tunggu VIP PO bus Karanganyar," jelasnya.

Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 340 KUHP termasuk UU Darurat no 12 tahun 1951.

(ams/rih)