Tanah Longsor, Jalur Banjarnegara-Wonosobo Terputus Malam Ini

Uje Hartono - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 20:25 WIB
Jalan Banjarnegara-Wonosobo, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, tertutup material longsor, Selasa (1/12/2020) malam.
Jalan Banjarnegara-Wonosobo, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, tertutup material longsor, Selasa (1/12/2020) malam. Foto: Istimewa
Banjarnegara -

Tanah longsor terjadi di Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Material tanah longsor menutup jalan nasional Banjarnegara-Wonosobo hingga membuat akses utama antarkabupaten ini putus total.

"Kejadian tanah longsor di kecamatan Sigaluh ini terjadi sekitar pukul 19.00 WIB," kata Kepala Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara Aris Sudaryanto saat dihubungi detikcom, Selasa (1/12/2020).

Aris menyebut, tanah longsor tersebut terjadi diduga lantaran tingginya intensitas hujan di Banjarnegara dalam beberapa hari terakhir. Saat ini, pihaknya bersama relawan dan warga sekitar masih berupaya membersihkan material longsor. Selain itu, juga mengerahkan tiga alat berat untuk mempercepat proses evakuasi material longsor.

"Malam ini juga material longsor langsung dibersihkan. Selain relawan dan warga, juga mengerahkan tiga alat berat untuk mempercepat proses pembersihan," terangnya.

Aris mengatakan sementara ini hingga pukul 20.00 WIB akses jalur Wonosobo-Banjarnegara masih belum bisa dilalui kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Semua kendaraan dialihkan melalui jalur alternatif.

"Karena jalur tertutup, semua kendaraan sudah kami alihkan melalui jalur alternatif. Kalau dari Banjarnegara langsung lewat Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo. Begitu juga sebaliknya," jelasnya.

Ia mengimbau kepada warga dan pengendara tetap hati-hati. Mengingat intensitas hujan di Banjarnegara masih tinggi. Terutama bagi yang tinggal di daerah rawan bencana tanah longsor.

"Kami imbau semua tetap waspada. Terutama bagi yang tinggal di daerah rawan bencana. Karena intensitas hujan masih cukup tinggi," imbaunya.

(rih/ams)