Seluruh RS di Banyumas Kehabisan Kamar untuk Penderita Corona!

Arbi Anugrah - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 13:04 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Foto: Edi Wahyono)
Banyumas -

Akibat peningkatan kasus virus Corona atau COVID-19, seluruh rumah sakit rujukan kasus Corona di Kabupaten Banyumas, Jateng, kehabisan kamar. Sebanyak 450 kamar dari berbagai rumah sakit, seluruhnya terisi.

"Di Banyumas tempat tidur sampai dengan sekarang tidak ada. Nol, jadi rumah sakit semuanya sudah penuh, yang ada adalah keluar masuk, keluar masuk. Yang masuk itu bisa masuk tergantung keluarnya," kata Bupati Banyumas Achmad Husein usai penandatanganan MoU antara Bawaslu dengan Universitas Jenderal Soedirman dan Universitas Wijayakusuma Purwokerto, di Pendopo Kabupaten Banyumas, Senin (30/11/2020).

Husein meminta para direktur rumah sakit untuk bisa mengeluarkan pasien dengan gejala ringan untuk dapat masuk ke ruang karantina yang sudah disiapkan.

"Itu ada 450 kamar sudah (penuh). Dari Diklat Pondok Slamet, terus dari punyanya TNI, Wijayakusuma, Hotel Rosenda. Kita ingin segera yang ringan-ringan masuk dari rumah sakit dipindahkan saja sehingga nanti yang ngantre itu bisa masuk," ujarnya.

Dia menjelaskan jika lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Banyumas disebabkan karena masyarakat masih menjalankan protokol kesehatan secara terpaksa.

"Masyarakat itu hanya akan pakai masker dan cuci tangan kalau diawasi, kalau tidak, mereka merasa aman-aman saja. Oleh sebab itu, kita harus menyadarkan masyarakat supaya mengerti sehingga masuk ke dalam hati, bukan karena terpaksa," jelasnya.

Peningkatan kasus baru Corona di Jawa Tengah sedang menjadi sorotan luas. Bahkan Presiden Jokowi memberikan atensi khusus pada 2 provinsi yang angka kasus COVID-19 meningkat tajam yaitu DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Data pada Minggu (29/11) menunjukkan penambahan kasus harian COVID-19 mencapai rekor tertinggi yaitu 6.267 sehingga angka kumulatifnya 534.266 kasus. Penyumbang terbanyak yaitu Jawa Tengah dengan 2.036 kasus positif COVID-19. Menyusul kemudian DKI Jakarta dengan penambahan kasus positif COVID-19 1.431.

Tonton video 'Jokowi Soroti Peningkatan Kasus Corona & Kesembuhan: Semua Memburuk!':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/ams)