Kata MUI Jateng Soal Viral Lagi 'Pengajian Dengan Lonte' Gus Miftah

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 10:13 WIB
Tangkapan layar akun Instagram maklambeturah, Senin (23/11/2020).
Tangkapan layar soal cuitan 'Pengajian Lonte' Gus Miftah yang bviral. (Foto: Tangkapan layar akun Instagram maklambeturah)
Yogyakarta -

Twitter @ustadzmaaher_ beberapa hari lalu mengunggah potongan video Gus Miftah soal 'Pengajian dengan Lonte' yang berujung viral. Tentang hal itu, MUI Jateng kemudian bicara soal jangan mendengar ceramah dalam bentuk potongan saja, selain itu penceramah juga harus hati-hati dalam pemilihan kata.

"Kalau mau menilai perkataan orang di antara ceramah, jangan diedit, lah. Supaya bisa utuh dan menilai. Kalau diedit, konteksnya gimana. Kalau utuh kan konteksnya jelas," kata Ketua MUI Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji, saat dihubungi detikcom, Rabu (25/11/2020).

Terkait Gus Miftah yang memang dikenal sering berdakwah di lokalisasi atau di depan PSK, Darodji menilainya sebagai hal bagus. Sebab, kata Darodji, dalam dakwah itu ada maksud untuk mengentaskan para pekerja dunia malam.

"Bagus itu ceramah bisa di situ, hanya saja kata-katanya yang dihindari," ujarnya.

Kata-kata yang dimaksud yaitu kosakata yang bisa menyinggung salah satunya 'lonte' karena biasa diucapkan orang yang sedang emosi dan cenderung kasar. Meski maksudnya baik namun ia berharap para penceramah bisa mencari kata ganti yang lebih baik atau eufimisme.

"Kan mungkin saja ada yang tersinggung meski memang profesinya. Mungkin sadar harapannya agar meninggalkan profesi itu, tapi lebih bagus dengan kata yang lain," ujarnya.

Secara umum, Darodji juga berharap para penceramah tidak berkata kasar apalagi dengan marah-marah. Ia memberi contoh jika memang harus menyebut profesi 'lonte' maka bisa diganti tuna susila atau PSK.

"Kepada para penceramah siapapun itu carilah kata-kata yang lebih enak dan menyejukkan. Tidak marah, memaki dan keluar kata yang menimbulkan perasaan gimana. Semisal tunasusila agak alus ya, atau PSK," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, kicauan akun @ustadzmaaher_ itu direpost lewat instagram @maklambeturah. Akun twitter @ustadzmaaher_ tersebut mengunggah potongan video terkait dakwah Gus Miftah. Potongan video itu berisi perbincangan Gus Miftah dalam acara talk show yang membahas dakwah di lokalisasi. Selain itu juga potongan dakwah Gus Miftah yang menyinggung pengajian dengan lonte.

"Kata Gus Miftah, Pengajian Yang Paling Menyenangkan Adalah Pengajian Dengan Lonte.

Berarti Gus Miftah ini Kyai Pecinta Lonte ?? #seriusnanya," tulis akun itu, 22 November 2020, seperti dikutip detikcom, Senin (23/11).

Lihat juga video 'Tablig Akbar Gus Miftah Digeruduk Massa Saat Peringatan Hari Santri':

[Gambas:Video 20detik]



Gus Miftah angkat bicara soal viralnya 'pengajian dengan lonte'...

Selanjutnya
Halaman
1 2