BMKG Prediksi Sebagian Jateng Hujan Lebat: Waspadai Potensi Bencana!

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 09:04 WIB
Ilustrasi hujan lebat
Ilustrasi hujan. (Foto: iStock/Willowpix)
Semarang -

Badan Meteorologi, Klimatoligi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian Jawa Tengah akan mengalami hujan lebat. Warga diminta waspada pada potensi bencana di daerahnya.

BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang menyebut pagi ini umumnya berawan. Untuk potensi hujan terjadi di beberapa daerah antar siang hingga malam.

"Umumnya berawan, daerah pesisir Selatan hujan ringan. Siang/sore-awal malam umumnya hujan ringan-sedang dengan waktu kejadiannya bervariasi," kata prakirawan, Arif Nurhidayat kepada wartawan, Minggu (29/11/2020).

"Daerah pegunungan, dataran tinggi, dan wilayah Jateng bagian Timur hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Waspada potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor," imbuhnya.

Berikut prakiraan cuaca Jawa Tengah yang berlaku pukul 07.00 sampai 19.00 WIB:

Hujan ringan-sedang:
Cilacap, Kebumen, Purworejo, Kendal, Batang, Pemalang, Brebes, Semarang, Pekalongan, dan Tegal.

Hujan sedang-lebat:
Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Purwodadi, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Ungaran, Temanggung, Kajen, Slawi, Magelang, Surakarta, Salatiga, Bumiayu, Majenang, dan Ambarawa.

Tonton video 'Berkenalan dengan Mahluk Bernama MJO yang Berpotensi Memperparah La Nina':

[Gambas:Video 20detik]



(alg/sip)