Populer di Jateng Pekan Ini

Misteri Uang Puluhan Juta di Parit yang Belum Terungkap Pemiliknya

Robby Bernardi - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 12:19 WIB
Warga Kabupaten Batang, Jawa Tengah dibuat heboh dengan temuan uang senilai puluhan juta yang berceceran di saluran air untuk irigasi.
Lokasi penemuan uang di saluran air di Batang. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Batang -

Uang kertas puluhan juta ditemukan berceceran di sebuah saluran irigrasi di Desa Plumbon, Kecamatan Limpung, Batang, usai banjir reda. Uang kertas pecahan seratus ribuan dan lima puluhan ribu tersebut, menyebar hingga ke areal persawahan. Hingga saat ini belum ada pihak yang mengaku kehilangan.

Ceceran uang tersebut kali pertama diketahui oleh Nur Khamid,salah seorang petani, pada Jumat pagi (20/11), yang berniat membersihkan saluran irigrasi usai dilanda banjir. Kemudian, diketahui juga oleh warga lainnya yang melintas di jalan setempat.

Tidak menunggu lama, areal irigrasi dan persawahan di Desa Plumbon tersebut, langsung didatangi banyak warga untuk yang ingin mendapatkan ceceran tersebut. Ada yang bisa mendapatkan ratusan ribu rupiah hingga Rp 10 juta lebih.

Uang yang ditemukan warga tersebut merupakan uang asli. Hal ini diketahui setelah Kepala Desa Plumbon, Agus Tarjito, membawa beberapa lembar ke salah satu bank untuk memastikan keasliannya.

Dari perkiraan pihak desa tercatat, uang yang tercecer dan ditemukan warga berjumlah sekitar Rp 23 juta. Pihak pemerintah desa setempat telah mendata siapa saja warganya yang telah mendapatkan uang misterius tersebut.

Heboh uang Rp 23 juta berceceran di saluran irigasi, Batang, Jawa Tengah, Jumat (20/11/2020).Sebagian uang yang ditemukan warga di Batang (Foto: Istimewa/dok. Perangkat Desa Plumbon)

Hingga pekan ini, peristiwa ceceran uang tersebut masih ramai dibicarakan. Namun demikian, hingga saat ini juga belum ada pihak yang mengaku kehilangan uang.

Kepolisian Sektor Limpung, juga belum menerima adanya laporan warga yang kehilangan uang puluhan juta tersebut. "Hingga saat ini, kami belum menerima adanya laporan orang yang kehilangan uang," kata Kapolsek Limpung, AKP Yorissa Prabowo, pada detikcom, Jumat (27/11).

(mbr/mbr)