Mengintip Isi Perpustakaan-Bimbel Gratis Milik Kuli Bangunan di Demak

Mochamad Saifudin - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 19:33 WIB
Suasana perpustakaan dan bimbingan belajar gratis milik kuli bangunan, Agus Pujianto, di Demak, Rabu (25/11/2020).
Suasana perpustakaan dan bimbingan belajar gratis milik kuli bangunan, Agus Pujianto, di Demak, Rabu (25/11/2020). (Foto: Mochamad Saifudin/detikcom)
Demak -

Seorang kuli bangunan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Agus Pujianto (37), mendirikan perpustakaan dan bimbingan belajar (bimbel) gratis bagi anak usia sekolah dasar (SD). Perpustakaan dan bimbel gratis dikelola Agus bersama istrinya, Munawaroh (31).

"Bimbingan belajar jadwalnya Jumat sore sama Minggu pagi," kata Munawaroh saat ditemui di lokasi, Selasa (25/11/2020).

Perpustakaan dan bimbel gratis Agus berada di Dukuh Lengkong Wetan, Desa Donorejo, Kecamatan Karangtengah, Demak. Munawaroh mengelola tempat tersebut sembari mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) desa setempat.

Saat detikcom berkunjung sore ini, terdapat beberapa anak yang tengah membaca dan melihat buku bergambar. Di bangunan sederhana berukuran 5x8 meter tersebut anak-anak tampak nyaman membaca beralaskan terpal dan kasur lantai. Para anak-anak juga tampak menerapkan protokol kesehatan, dengan memakai masker dan jaga jarak. Di lokasi hanya ada Munawaroh, sedangkan Agus tengah bekerja di Boyolali.

Munawaroh mengatakan, bangunan tersebut merupakan bangunan baru yang ia tempati bersama suami dan kedua anaknya sejak 2017.

"Saya tujuh bersaudara, awalnya saya suka mengajar keponakan keponakan, a b c. Kemudian saya diminta untuk mengajar di TPQ juga. Dasarnya saya memang suka dengan anak kecil," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, dia memiliki prinsip dalam mengajar, yakni sesuai kemampuan dan memberikan contoh terlebih dahulu.

"Semampunya, bisanya apa kita ajarkan. Kasarannya bisa alif ba ta ya diajarkan, semampunya saja. Anak sendiri dulu baru orang lain. Sebagai contoh dulu, mengajari anak sendiri, baru orang lain," katanya.

Munawaroh menambahkan, suaminya sudah memiliki jiwa sosial yang tinggi sejak sebelum menikah. "Suami saya percaya, kalau manusia mau berbagi pasti akan mendapat balasan dari Allah," jelasnya.

Perpustakaan dan bimbingan belajar gratis yang dibuka Agus Pujianto, seorang kuli bangunan di Demak, Rabu (25/11/2020).Perpustakaan dan bimbingan belajar gratis yang dibuka Agus Pujianto, seorang kuli bangunan di Demak, Rabu (25/11/2020). Foto: dok. Agus Pujianto

Diberitakan sebelumnya, seorang kuli bangunan di Demak, Agus Pujianto (37), akhirnya mewujudkan mimpinya mendirikan perpustakaan dan bimbingan belajar (bimbel) gratis bagi anak usia SD. Saat ini tercatat 72 anak yang mendaftar kegiatan di perpustakaan Agus.

Agus membuka perpustakaan dan bimbel gratis di Dukuh Lengkong Wetan, RT 04 RW 05, Desa Donorejo, Kecamatan Karangtengah, Demak, pekan lalu.

"Dulu saya sama istri punya rencana ingin membuat sesuatu yang berguna. Itu kita rancang sudah dari pacaran dulu. Alhamdulillah berkat doa dan semangat teman-teman, di Twitter terutama kami sampaikan terima kasih. Saya yang punya ide gagasan, teman-teman yang mewujudkan," kata Agus saat dihubungi detikcom, Rabu (25/11).

Agus menceritakan, perpustakaan dan bimbel gratis tersebut merupakan mimpinya dan istri sejak sebelum menikah. Awalnya keduanya bercita-cita menjadi guru namun terpaksa mewujudkannya dalam bentuk lain lantaran keterbatasan biaya.

Agus mengungkapkan dia dan istri hanya mengenyam pendidikan hingga tingkat SMP. Kendati demikian, semangat mereka untuk berbagi tak pupus di tengah jalan. Karena menurutnya, pendidikan anak sangatlah perlu, terlebih mengantarkan anak memiliki kecerdasan, kreativitas dan memiliki jiwa nasionalis.

"Dari 2009 sampai 2020 baru terlaksana saat ini. Dulu istri punya cita-cita ingin jadi guru, karena nggak kesampaian, karena keterbatasan biaya. Lalu saya punya inisiatif itu ternyata alhamdulillah terwujud," kata Agus yang menikah pada tahun 2011 itu.

Selanjutnya, cerita Agus soal perpustakaan dan bimbel yang dia dirikan...

Selanjutnya
Halaman
1 2