Hii..! Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak di Boyolali

Ragil Ajiyanto - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 17:44 WIB
Piton yang ditangkap setelah memangsa ayam di kandang warga, Kampung Belakan, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Boyolali, Rabu (25/11/2020).
Piton yang ditangkap setelah memangsa ayam di kandang warga, Kampung Belakan, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Boyolali, Rabu (25/11/2020). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali -

Seekor ular piton berukuran sekitar 3,5 meter ditangkap warga di Kampung Belakan, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Piton itu ditangkap setelah memangsa dua ekor ayam milik warga.

"Pagi tadi sekitar pukul 05.30 WIB, saya mau ngasih makan ayam, tahu-tahu saya buka (kandang kotak dari bambu) ada ularnya besar sekali. Terus saya mundur, mau saya pegang nggak berani," kata pemilik ayam yang dimangsa ular, Darmadi, saat ditemui di rumahnya, Kampung Belakan RT 01/01, Rabu (25/11/2020).

Menurutnya, piton tersebut diduga tidak bisa keluar dari kandang ayam yang terbuat dari bambu. Dia pun mengaku curiga ada ular masuk ke kandangnya sejak malam hari. Karena ayam-ayamnya bersuara gaduh.

"Sekitar pukul 22.00 WIB itu ayam-ayam saya sudah ramai, saya tengok ayamnya beterbangan. Saya mau masuk nggak berani, saya sorot (memakai lampu senter) di atas saja. Setelah itu sekitar pukul 01.00 WIB, keok-keok-keok. Saya sudah menduga pasti ada ular masuk ini. Tapi mau masuk (kandang) nggak berani, wong sendiri," jelasnya.

Pagi harinya ketika hendak memberi makan ayam-ayamnya itu, dia terkejut mendapati seekor ular sudah melingkar di salah satu kandang kotak yang terbuat dari bambu. Dua ekor ayam di dalamnya sudah dimakan ular tersebut.

Karena takut menangkap piton tersebut, dia pun memanggil tetangganya, Muhammad Badrun. Badrun pun segera datang dan menangkap piton berukuran besar tersebut.

Ular piton yang ditangkap setelah memangsa ayam di kandang warga, Kampung Belakan, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Boyolali, Rabu (25/11/2020).Ular piton yang ditangkap setelah memangsa ayam di kandang warga, Kampung Belakan, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Boyolali, Rabu (25/11/2020). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Diduga, piton itu berasal dari Sungai Belakan yang berada persis di belakang rumahnya. Darmadi mengaku kejadian kandang ayamnya dimasuki ular tidak hanya kali ini saja. Yang diketahui dan berhasil ditangkap ularnya sudah dua kali.

"Sudah dua kali ini, ular ini. Tetapi ayam hilang sudah beberapa kali, kemarin 5 ayam sudah habis. Kecil-kecil mungkin sudah dimakan terus pergi (ularnya)," jelas dia.

Sementara itu, Muhammad Badrun mengatakan, piton yang ditangkap ini memiliki panjang sekitar 3,5 meter dan berat sekitar 15 kg. Penangkapan ular piton di wilayah Dukuh Belakan tidak hanya sekali ini saja, tetapi sudah berulang kali.

"Sering sekali, ini penangkapan yang sekitar 13 kali. Ini yang paling besar dan paling berat, panjang sekitar 3,5 meter dan berat sekitar 15 kg," ungkap Badrun.

(rih/sip)