Viral Video Ritual Pemanggilan Arwah, Polisi Ungkap Info Modus Hipnotis

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 17:28 WIB
Viral video ritual pemanggilan arwah di Pemalang, Rabu (25/11/2020).
Ritual pemanggilan arwah di Pemalang. (Foto: Tangkapan layar akun IG @pemalang.update)
Pemalang -

Sebuah video yang menunjukkan kegiatan sekelompok pria memanggil arwah di Pemalang, Jawa Tengah viral di media sosial. Polisi mendapat informasi kegiatan itu terkait dengan aksi hipnotis.

"Dari informasinya demikian. Ada yang dihipnotis atau menyerahkan sekedar uang. Tapi kita pantau belum ada laporan dari warga terkait hal itu," ujar Plt Kasubag Humas Polres Pemalang, Iptu Nuryanto, kepada detikcom, Rabu (25/11/2020).

Nuryanto mengatakan video itu direkam di pinggir Jalan dr Wahidin, Desa Kaligelang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Meski begitu hingga saat ini polisi belum mendapat

"Belum ada laporan warga apakah terkait hipnotis atau sejenisnya. Tadi kita konfirmasi ke polsek selama bulan-bulan terakhir ini tidak ada laporan warga soal itu," jelasnya.

Dia mengimbau agar warga tak mudah percaya dengan tawaran orang yang tak dikenal. Terlebih kegiatan itu menimbulkan kerumunan di masa pandemi virus Corona.

"Jangan mudah tergiur dan percaya pada orang yang belum dikenalnya, dan tentu saja tetap pada protokol kesehatan," imbaunya.

"Ya kalau ada yang dirugikan, laporkan ke polisi, kami siap menerima laporannya," lanjut dia.

Diberitakan sebelumnya, video itu menunjukkan seorang pria sedang memanggil roh atau arwah untuk dimasukkan ke dalam tubuh seorang pria.

Video itu salah satunya diunggah akun Instagram @pemalang.update. Seperti yang dilihat detikcom, Rabu (25/11/2020), video itu diberi judul 'Syuting Azab'.

Video yang berdurasi 2 menit dan 25 detik ini telah ditonton 26,387 tayangan. Keterangan dalam video itu yakni, "Ada yang tahu ini maksudnya? Video ini dikatakan terjadi di ruas Jalan dr Wahidin, Desa Kaligelang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, saat sore hari."

Tampak dalam video itu ada kerumunan warga yang sedang menyaksikan sebuah aksi seperti acara ritul pemanggilan roh yang dipimpin oleh seorang pria berkumis dan berpeci hitam.

Pria yang memimpin acara itu mengatakan pada warga yang berkerumun akan melakukan pemanggilan roh gaib untuk masuk ke tubuh seorang pria yang tergeletak di tanah. Pria itu juga tampak ditutupi selembar warna ungu.

"Saya akan undang dulu satu roh gaib untuk masuk ke dalam tubuhnya. Cuman maaf yang kami undang nanti bukan jin, bukan pula siluman melainkan roh saudara saya sendiri, satu orang pegang kakinya ya nak ya, saya akan undang dulu roh untuk masuk ke tubuh ini manusia," kata pria itu.

(sip/sip)