Siap-siap Payung Lur! Yogya Diperkirakan Hujan Seharian Ini

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 07:36 WIB
Warga menggunakan payung saat hujan mengguyur Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Jakarta, Kamis (13/8/2020). Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), meski puncak kemarau terjadi pada Agustus ini, sebagian wilayah Jabodetabek diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang karena adanya fenomena gelombang atmosfer (Rossby Ekuator) di wilayah Indonesia bagian barat. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Ilustrasi hujan. (Foto: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Yogyakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini akan diguyur hujan. BMKG menjelaskan intensitas hujan dari ringan hingga lebat.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat terjadi di Sleman barat dan Kulon Progo utara," kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas dalam keterangannya, Ranu (25/11/2020).

Ia menjelaskan kondisi cuaca di DIY pada pagi hari berpotensi hujan ringan di Gunungkidul Barat selatan dan utara, Kulon Progo selatan, Bantul utara, Sleman timur dan Kota Yogyakarta.

Sedangkan cuaca siang-sore hari potensi hujan sedang-lebat di Sleman barat dan Kulon Progo utara. Kemudian pada malam hari potensi hujan ringan di Kulon Progo selatan, Bantul selatan dan Gunungkidul selatan.

Sementara dini hari potensi hujan ringan di Kulon Progo selatan, Bantul selatan dan Gunungkidul barat daya.

Kemudian, suhu udara di DIY berkisar antara 23-31 °C dengan kelembapan udara 65-95 persen. Angin dari arah tenggara dengan kecepatan maksimum 20 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di Perairan Selatan Yogyakarta berkisar antara 1.5 - 2.5 meter (kategori sedang). Prakiraan cuaca ini berlaku 24 jam mulai pukul 07.00 WIB.

(sip/sip)