Kasus Corona Keluarga Bupati-Pejabat Brebes Usai Tur Bromo Menjadi 25

Imam Suripto - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 19:23 WIB
Pendopo rumah dinas Bupati Brebes, Senin (16/11/2020).
Pendopo rumah dinas Bupati Brebes, Senin (16/11/2020). Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes -

Kasus virus Corona atau COVID-19 dari keluarga Bupati Brebes Idza Priyanti dan sejumlah pejabat yang mengikuti tur ke Bromo, Jawa Timur, bertambah menjadi 25 orang. Tur ke Bromo itu disebut dalam rangka studi banding.

"Rinciannya 3 keluarga bupati, 12 penghuni rumah dinas (rumdin) dan 10 pejabat peserta tur. Jumlahnya 25 orang, tapi itu ada empat orang yang bukan penghuni rumdin, tapi diperiksanya ikut rombongan rumdin," kata Kepala Dinas Kesehatan Brebes, dr Sartono, saat dihubungi via telepon, Senin (23/11/2020).

Kegiatan tur ke Bromo dan Malang, Jawa Timur, ini digelar pada 7-9 November 2020. Peserta kegiatan itu yakni para sekretaris dinas, Bupati Brebes Idza Priyanti berserta suaminya AKBP Warsidin, dan beberapa orang pengiring atau ajudannya.

Beberapa hari sepulang dari tur, pada Rabu (11/11), Bupati Brebes meminta Dinkes memeriksa anggota keluarga karena mengeluhkan gejala klinis. Dari pemeriksaan ini, diketahui suami bupati dan dua anaknya terinfeksi virus Corona.

"Memang suami Bupati Brebes sama dua anak kembarnya positif. Mereka diperiksa hari Rabu (11/11) kemarin dan hasilnya positif," kata Sartono saat ditemui pekan lalu.

Usai tiga orang keluarga Bupati Brebes dinyatakan terkonfirmasi positif Corona, Dinas Kesehatan kemudian melakukan tracing terhadap orang di lingkungan rumah dinas pendopo. Tercatat ada 19 orang yang diambil sampel swabnya, mereka terdiri dari ajudan, sopir, sekpri, juru masak hingga petugas kebersihan.

"Setelah suami dan anak-anak Bupati positif pada Rabu (11/11) minggu kemarin, petugas kami langsung melakukan tracing, 19 orang mulai dari ajudan hingga petugas kebersihan kami ambil swabnya," ujarnya.

Ke-19 sampel swab itu lalu dikirim ke Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Semarang. Hasilnya, ada 12 orang yang dinyatakan positif terpapar virus Corona. Mereka yang dinyatakan positif ini terdiri dari ajudan, sopir, sekretaris pribadi, juru masak, pembantu, dan petugas kebersihan.

"Dari 19 orang ini 12 positif. Tapi dari 12 orang itu 4 orang ternyata bukan dari orang dalam (rumdin)," terang Sartono.

Tracing lalu dilanjutkan ke-20 pejabat Pemkab Brebes peserta tur ke Bromo dan Malang. Ke-20 orang itu terdiri dari 11 sekretaris dinas dan 9 pengiring. Pengambilan sampel dilakukan di Puskesmas Pemaron, Rabu (18/11) kemarin.

Dari 20 sampel itu ditemukan 10 orang yang positif Corona. Mereka terdiri dari 7 sekretaris dinas, seorang kepala bagian, kepala seksi, dan staf penggiring.

"Hasil lab-nya keluar Sabtu. Ada tujuh sekdin dan tiga pejabat pengiring yang positif," ujar Sartono, hari ini.

Selanjutnya, sembilan pejabat Pemkab Brebes berstatus OTG dan penjelasan soal tur ke Bromo...