Bunga Bangkai Suweg Tumbuh di Klaten, Lalat Mulai Mengerubunginya

Achmad Syauqi - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 11:01 WIB
Bunga Suweg tumbuh di Kecamatan Ngawen, Klaten, Senin (23/11/2020).
Bunga bangkai atau bunga Suweg tumbuh di Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Warga Dusun Gabugan, Desa Candirejo Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dikejutkan bunga bangkai (Suweg) atau bunga bangah yang mekar di pekarangan warga. Warga tak menyangka yang dikira daun tergeletak itu ternyata tumbuh menjadi Bunga Suweg.

"Awalnya mirip daun ada lipatan-lipatannya muncul di tanah. Ternyata setelah lima hari berubah bentuk jadi begini," ungkap pemilik pekarangan, Daryono (50), kepada detikcom di lokasi, Senin (23/11/2020).

Pantauan detikcom di lokasi pagi ini, lokasi bunga bangkai itu mekar berada di belakang rumah dekat dengan rumpun bambu. Di sekitar bunga muncul tidak ada tanaman lainnya.

Bunga Suweg tumbuh di Kecamatan Ngawen, Klaten, Senin (23/11/2020).Bunga Suweg tumbuh di Kecamatan Ngawen, Klaten, Senin (23/11/2020). Foto: Achmad Syauqi/detikcom

Bunga berdiameter sekitar 20 centimeter itu berwarna ungu dengan tangkai yang muncul dari dalam tanah sekitar 3 cm. Kelopak bunga tersebut tampak masih segar. Selain itu, beberapa lalat hijau terlihat mendekati bunga itu.

Daryono mengungkap baru sekali ini muncul bunga Suweg di daerah itu. Yang menurutnya aneh, tak ada tanaman lain di sekitar tanaman itu.

"Tidak ada tanaman di sekitarnya. Ada semak tapi agak jauh," kata Daryono.

(sip/mbr)