Solo-Jateng Bagian Timur Diperkirakan Diguyur Hujan Lebat Hari Ini

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 08:43 WIB
Ilustrasi hujan lebat
Ilustrasi hujan. (Foto: iStock/Willowpix)
Semarang -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan deras disertai petir di sebagian Jateng termasuk Solo Raya, eks Karesidenan Banyumas, dan sebagian Jawa Tengah bagian timur akan diguyur hujan lebat hari ini. Berikut ini keterangan BMKG.

"Potensi hujan lebat disertai petir dan diikuti angin kencang di daerah Pegunungan Tengah, Solo Raya, eks Karesidenan Banyumas dan sebagian Jateng bagian Timur," jelas kata petugas BMKG stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Giyarto dalam info cuaca yang diterima detikcom, Sabtu (21/11/2020).

"Waspada bencana Hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dan sebagainya," imbuhnya.

BMKGmemprakirakan cuaca di Jawa Tengah pagi ini umumnya cerah berawan. Dalam prakiraan yang berlaku pukul 07.00 sampai 19.00, hujan akan terjadi antara siang sampai awal malam.

"Pagi umumnya cerah-berawan, kecuali pesisir Pantura Tengah dan Nusakambangan berpotensi hujan ringan. Siang/sore-awal malam hujan ringan-sedang tersebar di wilayah Jawa Tengah," kata Gianto.

Berikut prakiraan cuaca Jateng berlaku pukul 07.00 sampai 19.00 WIB:

Hujan ringan:
Rembang dan Pemalang

Hujan ringan-sedang:
Kebumen, Purworejo, Mungkid, Jepara, Ungaran, Kendal, Batang, Kajen, Slawi, Magelang, Surakarta, Salatiga, Semarang, Pekalongan, dan Tegal.

Hujan sedang-lebat:
Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Purwodadi, Blora, Pati, Kudus, Demak, Temanggung, Brebes, Bumiayu, Majenang, dan Ambarawa.

(alg/sip)