Cegah Klaster Sumbangan Pengungsi Merapi, Ini Instruksi Wagub Jateng

Eko Susanto - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 15:54 WIB
Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen dan Kepala BNPB Doni Monardo di lokasi pengungsian TEA Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jumat (20/11/2020).
Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen dan Kepala BNPB Doni Monardo di lokasi pengungsian TEA Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Magelang -

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, meminta sumbangan untuk pengungsi Gunung Merapi dititipkan lewat kecamatan. Dengan ini diharapkan bisa mencegah kegiatan sumbangan ataupun bantuan pengungsi Gunung Merapi menjadi klaster penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Yang perlu diantisipasi saat ini adalah para pegiat biasanya mau memberikan sumbangan. Lha ini karena kita tidak bicara Merapi saja, tapi bicara tentang COVID-19. Mereka (pengungsi) saat ini sudah di titik aman, tentang penularan COVID-19," kata Taj Yasin di lokasi pengungsi Merapi di TEA Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jumat (20/11/2020).

Taj Yasin hadir ke lokasi pengungsian untuk mendampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Taj Yasin pun mengimbau para donatur untuk turut mencegah penyebaran virus Corona di lokasi pengungsian.

"Mereka (pengungsi) saat ini sudah di titik aman tentang penularan COVID-19, maka untuk para donatur, pengumpul atau adik-adik mahasiswa yang mengumpulkan dana atau sumbangan, tolong ini dititipkan di kecamatan," tutur Taj Yasin.

"Jangan langsung masuk ke pengungsian karena itu juga berbahaya tentang penularan COVID-19. Ini yang perlu kita antisipasi," pintanya.

(ams/sip)