Round-Up

Habib Lutfhi Tunda Perhelatan Maulid Akbar Demi Hindari Hal Tak Terpuji

Robby Bernardi - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 10:07 WIB
Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan, (8/4/2019)
Habib Luthfi bin Yahya (Foto: Robby Bernardi/detikom)
Kota Pekalongan -

Habib Luthfi bin Yahya memutuskan menunda pelaksanaan acara Maulid Akbar Kanzus Sholawat tahun ini. Acara yang biasanya diikuti ribuan peserta itu resmi diundur hingga pelaksanaan Pilkada. Selain itu Habib Luthfi mengaku tak ingin memberi contoh tek terpuji.

Acara puncak Maulid Akbar Kanzus Sholawat untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang sedianya akan digelar pada Minggu (22/11), namun diputuskan baru akan digelar 20 Desember mendatang.

Habib Luthfi mempunyai alasan untuk menunda acara yang sebelumnya sudah dipersiapkan matang tersebut. Selain situasi yang tidak memungkinkan, disebutkan juga pertimbangan soal Pilkada serentak 2020 di sejumlah daerah.

"Alasan lainnya, banyak wilayah di Jawa Tengah saat ini, menghadapi Pilkada. Supaya kita semuanya tidak terkontaminasi keperluan politik dan kita semuanya punya hak pilih masing-masing. Setelah 9 Desember baru kita lakukan sebagai penyejuk suasana nasional (usai Pilkada)."

Hal tersebut disampaikan Habib Luthfi bin Yahya kepada panitia acara Maulid Akbar Kanzus Sholawat, Selasa (17/11) malam yang rekamannya diterima detikcom, Rabu (18/11).

Alasan lain yang tak kalah pentingnya, seperti diungkap oleh Habib Luthfi adalah, suasana nasional yang sedang tidak nyaman, sehingga ulama yang juga anggota Wantimpres merasa perlu menunda acara tersebut.

"Suasana nasional seperti ini. Kami tidak akan memberikan contoh yang kurang terpuji. Sebab apapun kami akan mengangkat kepentingan umat dan bangsa, itu yang saya utamakan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," demikian disampaikan Habib Luthfi.

(mbr/mbr)