Habib Luthfi Tunda Maulid Akbar di Pekalongan, Panitia Bongkar Tenda

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 14:32 WIB
Acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah di Kota Pekalongan ditunda hingga bulan depan. Panitia acara lalu membongkar tenda yang sudah terpasang.
Panitia Bongkar Tenda Usai Acara Maulid Akbar di Pekolangan Ditunda, Rabu (18/11/2020) Foto: Robby Bernardi/Detikcom
Pekalongan -

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah di Kanzus Sholawat milik Habib Luthfi bin Yahya di Kota Pekalongan ditunda hingga bulan depan. Panitia acara lalu membongkar tenda yang sudah terpasang.

Pembongkaran tenda-tenda ini sudah dilakukan panitia sejak Selasa (17/11) malam. Salah satunya tenda yang ada di Jalan Wahidin, di depan Gedung Kanzus Sholawat.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (18/11/2020), tampak sebuah tenda besar yang saat ini masih berdiri di lapangan Mataram, Kompleks Perkantoran Pemkot Pekalongan. Tenda besar warna putih itu masih menunggu dibongkar oleh petugas.

Sekretaris Umum Pantia Maulid Akbar, Sumarjo, mengatakan Habib Luthfi sudah berpesan agar tenda yang ada di Jalan Wahidin Pekalongan dibongkar. Diharapkan keberadaan tenda-tenda itu tidak mengganggu masyarakat umum.

"Hari ini semua tratag (tenda di dua titik yakni di Jalan Wahidin dan lapangan Mataram) yang sudah terpasang maupun yang sedang dipasang kemarin, semua dibongkar, dibersihkan," kata Sumarjo saat dihubungi wartawan, Rabu (18/11/2020).

Diberitakan sebelumnya, rangkaian acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah/2020 Masehi yang sedianya berlangsung di Kanzus Sholawat Kota Pekalongan, Jawa Tengah, ditunda. Habib Luthfi bin Yahya mengatakan puncak acara Maulid Nabi itu diundur hingga 20 Desember 2020 mendatang.

"Diundur, nanti Insyaallah tanggal 20 Desember. Jadi mohon dengan hormat dan permintaan maaf yang sebesar-besarnya, atas mundurnya ini," jelas Habib Luthfi.

Hal tersebut disampaikan Habib Luthfi bin Yahya kepada panitia acara Maulid Akbar Kanzus Sholawat, Selasa (17/11) malam yang rekamannya diterima detikcom, hari ini.

Tenda yang dipasang di depan Kanzus Sholawat milik Habib Luthfi bin Yahya di Kota Pekalongan mulai dibongkar. Hal ini dilakukan usai acara Maulid Nabi Habib Luthfi dipastikan ditunda bulan depan.
Tenda yang dipasang di lapangan Mataram Kompleks Perkantoran Pemkot Pekalongan menunggu dibongkar usai acara Maulid Akbar Pekalongan dipastikan ditunda bulan depan. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Habib Luthfi mempunyai alasan untuk menunda acara yang sebelumnya sudah dipersiapkan matang tersebut. Selain karena masih dalam kondisi pandemi virus Corona, disebutkan juga pertimbangan soal perhelatan Pilkada di sejumlah daerah.

"Alasan lainnya, banyak wilayah di Jawa Tengah saat ini, menghadapi Pilkada. Supaya kita semuanya tidak terkontaminasi keperluan politik dan kita semuanya punya hak pilih masing-masing. Setelah 9 Desember baru kita lakukan sebagai penyejuk suasana nasional (usai Pilkada)," katanya.

(ams/sip)