Kabar Duka dari Ponpes Ngruki, Ustaz Mualif Rosyidi Wafat

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 22:45 WIB
Ilustrasi karangan bunga
Foto: Ilustrasi karangan bunga (Tim Infografis)
Solo -

Kabar duka datang dari Ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo. Ustaz Mualif Rosyidi dikabarkan meninggal dunia malam ini.

Saat dimintai konfirmasi, pengajar di Ponpes Al-Mukmin, Endro Sudarsono, membenarkan kabar ustaz Alif meninggal. Endro mengatakan ustaz Alif meninggal karena penyakit leukemia.

"Beliau dirawat di RS dr Oen Solo Baru karena leukimia. Masalah pemakaman masih kita bahas," kata Endro saat dihubungi detikcom, Selasa (17/11/2020).

Ustaz Alif adalah seorang pengurus di Yayasan Pendidikan Islam Al-Mukmin. Dia menggantikan Ustaz Wahyudin yang meninggal pada Agustus 2019 lalu.

Sementara itu, Ketua Dewan Syariah Kota Solo (DSKS) Ustaz Muinuddinillah Basri dikabarkan sakit terpapar virus Corona atau COVID-19. Kabar tersebut beredar melalui grup WhatsApp.

Endro yang juga Humas DSKS, hanya membenarkan jika ustaz Muin sedang sakit. Namun dirinya belum mengonfirmasi terkait ustaz Muin terpapar Corona.

"Ustaz Muin memang sakit, informasinya paru-paru dan ada penggumpalan darah. Tapi kalau COVID-19 masih belum tahu," kata Endro.

Ustaz Muin saat ini merupakan pengasuh Pondok Pesantren Ibnu Abbas, Klaten. Dia juga pernah menjadi pimpinan di Pondok Pesantren Assalaam, Sukoharjo.

"Terakhir minggu lalu masih ada kegiatan daring. Tadi infonya dirawat di RS PKU Muhammadiyah Solo, kurang tahu apakah dirujuk ke RS lain," ujar Endrio.

Dia meminta masyarakat untuk mendoakan ustaz Muin agar diberi kesembuhan sehingga dapat kembali berdakwah.

Kabar duka juga datang dari Karanganyar. Pengasuh Ponpes Al Inshof, Plesungan, Gondangrejo, Karanganyar, KH Abdullah Saad, wafat, malam ini. Kiai muda yang juga mustasyar PCNU Karanganyar tersebut meninggal karena sakit.

"Baru dapat kabar beliau meninggal," ujar Sekdes Plesungan, Yulianto, Selasa (17/11) malam.

(rih/mbr)