Aksi Pencurian Kotak Amal Masjid di Kudus Terekam CCTV

Dian Utoro Aji - detikNews
Sabtu, 14 Nov 2020 17:36 WIB
Tangkapan layar rekaman CCTV aksi pembobol kotak amal di Masjid Jami Darul Hikmah, Kudus.
Tangkapan layar rekaman CCTV aksi pembobol kotak amal di Masjid Jami Darul Hikmah, Kudus. Foto: Istimewa
Kudus -

Aksi pencurian kotak amal di Masjid Jami Darul Hikmah, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Kota, Kudus, Jawa Tengah, terekam kamera CCTV dan viral di media sosial. Beruntung uang dalam kotak amal sudah diambil pengurus masjid sebelum kejadian.

Pada video rekaman CCTV berdurasi 26 detik itu terlihat seorang pria mondar-mandir di halaman depan Masjid Jami Darul Hikmah. Tidak berselang lama pria dalam video itu mengangkat sebuah kotak amal.

Bendahara Masjid Jami Darul Hikmah Purwosari, Lutfil Hakim (52), membenarkan adanya kejadian pencurian kotak amal. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (13/11) malam.

"Ambil kotak yang satu, kemudian ambil kotak yang satu. Dibawa ke sana ke kamar mandi. Kejadian 23.05 WIB. Baru ketahuan tadi pagi bahwa dua kotak amal telah dibobol orang," kata Lutfil kepada wartawan saat ditemui di lokasi, Sabtu (14/11/2020).

Lutfil mengatakan, dua kotak amal diketahui sudah berada di dekat kamar mandi masjid pagi tadi. Pihaknya juga menemukan dua kunci kotak amal yang kondisinya rusak.

"Ada dua kotak, kotak amal TPQ dan yang satu kotak amal untuk NU. Untuk kotak amal jemaah masjid masih aman," ujar dia.

Kotak amal yang dibobol maling di Masjid Jami Darul Hikmah, Kudus, Sabtu (14/11/2020).Kotak amal yang dibobol maling di Masjid Jami Darul Hikmah, Kudus, Sabtu (14/11/2020). Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Menurutnya, di masjidnya ada tiga kota amal. Hanya yang dibobol maling dua kotak amal. Dua kotak amal yang dibobol itu uangnya sudah diambil pihak pengurus masjid.

"Biasanya ada tiga kotak amal. Cuman yang diambil dua. Kerugian mungkin sementara tidak ada. Wong itu habis dibuka kotak amalnya. Habis salat Jumat dibuka kemudian ditotal dan dilaporkan ke bendahara. Kebetulan bendahara saya sendiri," terang Lutfil.

Lutfil menambahkan, kejadian orang bobol kotak amal di Masjid Jami Darul Hikmah bukan pertama kali ini terjadi. Sebelum dipasang kamera CCTV, sudah pernah ada orang yang mengambil kotak amal.

"Sekarang sudah jumlah CCTV ada empat. Dulu sebelum ada CCTV sekitar dua tahun lalu, ada kerugian cuman di kotak, sekitar Rp 2 juta," ujarnya.

Diwawancara terpisah, Kapolsek Kota, Kudus, AKP Khoirul Naim, mengatakan pihaknya belum mendapatkan laporan resmi terkait adanya pencurian kotak amal di Masjid Jami Darul Hikmah. Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada.

"Sampai saat ini belum ada laporan," kata Naim saat dimintai konfirmasi detikcom lewat pesan singkat, hari ini.

Tonton juga video 'Terekam CCTV! Aksi Pencurian Kotak Amal di Masjid Kota Parepare':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)