Saat 'Jenderal Soedirman' Bagikan Sembako-Masker di Hari Pahlawan

Uje Hartono - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 14:53 WIB
Saat Jenderal Soedirman dan Sultan Mahmud Badaruddin ingatkan tentang protokol kesehatan COVID-19 di Banjarnegara. Keduanya merupakan anggota Kodim 0704 Banjarnegara, Selas (10/11/2020).
Saat Jenderal Soedirman dan Sultan Mahmud Badaruddin ingatkan tentang protokol kesehatan COVID-19 di Banjarnegara (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Ada cara berbeda dalam memperingati hari Pahlawan, 10 November, di Kodim 0704 Banjarnegara, Jawa Tengah. Dengan memakai kostum ala Jenderal Soedirman, Kodim 0704 membagikan paket sembako dan masker.

Memakai blangkon dan jas panjang lengkap dengan keris di dada, Pelda Teguh Rahayu berdandan bak Jenderal Soedirman hari ini. Teguh tak sendiri, ada juga anggota Kodim 0704 lainnya yakni Serda Tarkim menemani dengan berdandan ala Sultan Mahmud Badaruddin, pahlawan nasional asal Palembang.

Keduanya mendatangi kerumunan pasar induk dan mulai membagikan masker dan paket sembako untuk tukang becak hingga tukang parkir. Lewat pelantang, kedua 'pahlawan nasional' ini mengingatkan tentang protokol kesehatan.

Saat Jenderal Soedirman dan Sultan Mahmud Badaruddin ingatkan tentang protokol kesehatan COVID-19 di Banjarnegara. Keduanya merupakan anggota Kodim 0704 Banjarnegara, Selas (10/11/2020).Saat Jenderal Soedirman dan Sultan Mahmud Badaruddin ingatkan tentang protokol kesehatan COVID-19 di Banjarnegara. Keduanya merupakan anggota Kodim 0704 Banjarnegara, Selasa (10/11/2020). Foto: Uje Hartono/detikcom

Komandan Kodim 0704 Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi Faisal menuturkan semangat hari pahlawan tahun ini dimanfaatkan untuk melawan virus Corona atau COVID-19.

"Kita memanfaatkan momen hari pahlawan dan kita ambil adalah semangat dari para pahlawan saat melawan penjajah dulu. Karena sedang pandemi, jadi semangat dari para pahlawan terdahulu bisa kita tiru untuk melawan COVID-19," ujar Sujeidi Faisal saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/11/2020).

"Jadi untuk mengisi kemerdekaan bukan hanya dengan pembangunan, tetapi dengan melawan COVID-19," sambungnya.

Sujeidi mengatakan pembagian sembako dan masker ini sekaligus untuk menyosialisasikan disiplin protokol kesehatan COVID-19. Dia juga berharap dengan semangat hari pahlawan masyarakat bisa bersemangat bertahan di masa pandemi COVID-19 ini.

"Ini yang perlu kita ambil hikmahnya di hari pahlawan. Jadi dengan semangat para pahlawan saya imbau untuk bersama-sama melawan COVID-19. Salah satunya dengan cara mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak," ujar Sujeidi.

Dia menerangkan pemakaian kostum ala Jenderal Soedirman karena Kabupaten Banjarnegara dekat dengan tempat lahir sang panglima yang berasal dari Kabupaten Purbalingga.

"Kenapa Jenderal Soedirman, karena pahlawan nasional ini merupakan kelahiran Purbalingga. Dan Banjarnegara ini merupakan kabupaten tetangga dari Purbalingga," jelasnya.

(ams/rih)