Usai Dikuasai Hacker, Akun IG Polres Klaten Akhirnya Pulih

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 11:49 WIB
tangkapan layar akun IG Polres Klaten yang dipulihkan. Foto diambil Sabtu (7/11/2020).
Foto: tangkapan layar akun IG Polres Klaten yang dipulihkan
Klaten -

Akun Instagram Polres Klaten akhirnya berhasil dipulihkan usai berkoordinasi dengan Mabes Polri. Peretas akun Instagram Polres Klaten masih menyisakan namanya di laman akun @polres_klaten.

Dilihat detikcom Sabtu (7/11) pukul 09.45 WIB, nama akun Polres Klaten sudah kembali seperti sedia kala. Semula akun @polres_klaten diganti peretas dengan nama k_pres1.

Tampilan profil yang semula bergambar sosok orang berjubah dan bertopeng, sudah diganti dengan foto Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu. Dalam foto itu tampak Edy mengenakan ikat kepala bendera merah putih dengan pesan, "Mari Kita Jaga Perdamaian".

Dua unggahan bergambar sosok Anonymous dengan teks pesan bahasa Inggris juga sudah hilang dari laman. Namun meski akun sudah dipulihkan tetapi peretas menyisakan namanya di profil.

Pada beranda akun di bawah foto profil tulisan Anonymous masih terbaca. Di bawah tulisan itu barulah ditulis organisasi pemerintah, Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu.

Admin Polres Klaten juga telah mengunggah video pengaman aksi unjuk rasa penolakan UU omnibus law di depan DPRD Klaten. Video itu diunggah Jumat (6/11) kemarin.

Kasubag Humas Polres Klaten Iptu Nachrowi membenarkan akun bisa dipulihkan pada Kamis (5/11) malam pukul 22.00 WIB. Pihaknya juga memastikan koordinasi dengan Mabes Polri terus dilakukan.

"Tetap kita koordinasi dengan Mabes Polri untuk kelanjutannya," kata Nachrowi saat dimintai konfirmasi detikcom di Mapolres Klaten, Sabtu (7/11/2020).

Pihaknya pun memastikan bakal mencari keberadaan hacker tersebut. "Ini baru kerja sama tim Mabes dengan Polres untuk pelacakan," terangnya.

Ke depan untuk mengantisipasi peristiwa terulang lagi, pihaknya bakal menggandeng tim cyber untuk mengamnakan akun resmi media sosial Polres Klaten itu.

"Kita dalam hal pengamanan akan bersama dengan tim cyber. Kita akan menggunakan sandi khusus agar aman," imbuh Nachrowi.

Selanjutnya
Halaman
1 2