Usai Dikuasai Hacker, Akun IG Polres Klaten Akhirnya Pulih

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 11:49 WIB
tangkapan layar akun IG Polres Klaten yang dipulihkan. Foto diambil Sabtu (7/11/2020).
Foto: tangkapan layar akun IG Polres Klaten yang dipulihkan

Nachrowi mengaku melaporkan kasus ini peretasan Instagram Polres Klaten itu secara resmi ke sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT). Bagian Humas sebagai pelapor.

"Belum ada yang dirugikan. Tapi Subag Humas lapor ke SPKT dan sudah ditindaklanjuti oleh Sat Reskrim sebagai dasar proses hukumnya," ucap Nachrowi.

Sebelumnya diberitakan, akun Instagram Polres Klaten @polres_klaten diretas hacker anonymous dengan akun @bluesn0w. Tampilan foto profil diganti dengan gambar anonymous dan nama akun menjadi k_pres1.

Serangan hacker itu diduga dilakukan Selasa (3/11) malam. Peristiwa peretasan itu diunggah di YouTube dan akun Twitter kabarklaten.id @kabarklaten pukul 21.57 WIB dengan disertai kalimat "akun IG Polres Klaten diretaskah?".

Akun Instagram Polres Klaten di-hack, Kamis (5/11/2020).Tampilan akun Instagram Polres Klaten di-hack, Kamis (5/11/2020).siang Foto: Tangkapan layar akun IG Polres Klaten

Kini setelah sekitar dua hari dikuasai hacker akun @polres_klaten bisa dipulihkan. Hal itu disambut netizen dengan rasa syukur, di antaranya pemilik akun @firman_nurhuda28 dan @oyok_398.

"Alhamdulillah kalau udh kembali akun Polres Klaten," tulis akun @firman_nurhuda28.

"Tapi Masi ada nama anonymous nya (motion tertawa),' tulis @oyok_398.


(ams/ams)