Gus Yasin Putra Mbah Moen Diusulkan Masuk Bursa Calon Ketum PPP

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 17:28 WIB
Asparagus usulkan nama Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin, masuk bursa Ketua Umum PPP.
Asparagus usulkan nama Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin, masuk bursa calon Ketua Umum PPP. (Foto: Dok. Asparagus)
Semarang -

Nama Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin, diusulkan masuk menjadi kandidat Ketua Umum PPP. Dorongan itu diungkapkan kalangan pesantren tergabung dalam Aspirasi Para Gus (Asparagus) yang menggelar pertemuan di Kabupaten Semarang.

Pertemuan itu digelar hari Rabu (4/11) kemarin di Tuntang, Kabupaten Semarang dan dihadiri antara lain KH Abdul Latif (Tambakberas Jombang,) Gus Amin (Jombang), KH Ali Masruri (Bandung), KH Fahmi Basya (Yogyakarta), KH Ahmad Munif (Purwokerto).

"Kami sudah menginventarisir nama-nama dari kalangan pesantren. Dari banyak nama yang muncul terpilih nama Taj Yasin Maimoen. Taj Yasin adalah putra dari KH Maimoen Zubair dari Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, yang merupakan sosok tepat memimpin PPP," kata KH Abdul Wahab Yahya dari Jombang dalam siaran pers yang diterima detikcom, Kamis (5/11/2020).

"Lokal genius dari seorang pemimpin berbasis pesantren mampu menjadi dinamisator dalam pembangunan lahir batin menuju tatanan masyarakat yang lebih berkeadaban dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur," imbuhnya.

Ulama lainnya, KH Athoillah Al Asy'ari dari PPTQ Al Asy'ariyyah Kalibeber Wonosobo menambahkan, Taj Yasin Maimoen dipandang sebagai pemimpin muda dari kalangan pesantren yang bisa menjawab tantangan tersebut dan menjadi penyambung antar generasi yang berbasis agama dan nasional.

"Sehubungan dengan hal-hal di atas, maka bersama ini segenap kiai muda pesantren mendukung sepenuhnya kepada beliau untuk dicalonkan sebagai ketua umum Partai Persatuan Pembangunan dalam muktamar PPP di Makassar, Desember, sebagai sumbangsih kalangan pesantren kepada bangsa dan negara menuju arah pembangunan bangsa dan negara yang multikultur," jelasnya.

KH Ali Munajah menambahkan, Gus Yasin sudah berpengalaman sebagai legislatif dan kini menjabat Wakil Gubernur Jawa Tengah. "Sudah tidak diragukan lagi, beliau berangkat dari santri dan pesantren, pengalaman birokrasinya kuat dan politiknya juga berpengalaman. Ini paket lengkap," kata Ali.

Untuk diketahui, nama Gus Yasin sebelumnya juga diusulkan menjadi salah satu kandidat Ketua Umum PPP oleh kader di Jawa Tengah, di samping nama tokoh lainnya yang dianggap kompeten.

"Beberapa cabang usulkan nama Gus Yasin, wajar kan Wagub Jateng, ada Pak Arsul Sani (Sekjen PPP), kan itu orang Pekalongan. Ada lagi Pak Arwani Thomafi itu asli Lasem Rembang itu cukup punya nama karena punya hubungan baik dengan DPC, sekarang wakil ketua umum (PPP)," kata Ketua DPW PPP Jateng, Masruhan Syamsuri saat ditemui detikcom di gedung DPRD Jateng, Senin (26/10).

(rih/sip)