2 Hari Akun IG Dikuasai Hacker, Polres Klaten Koordinasi ke Mabes Polri

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 11:59 WIB
Akun Instagram Polres Klaten di-hack, Kamis (5/11/2020).
Penampakan postingan di akun IG Polres Klaten yang masih dikuasai hacker siang ini. Foto: Tangkapan layar akun IG Polres Klaten
Klaten -

Akun Instagram Polres Klaten masih dikuasai hacker sejak Selasa (3/11) malam. Kini Polres Klaten berkoordinasi dengan Mabes Polri untuk melacak pelaku.

"Kita sudah koordinasi dengan Mabes Polri. Tetap kita lacak," ujar Kasubag Humas Polres Klaten Iptu Nachrowi saat ditemui detikcom di kantornya, Kamis (5/11/2020).

Nachrowi menjelaskan email dan password dari akun tersebut telah diubah pelaku. Namun polisi masih terus melacak dan berusaha memulihkan akun tersebut.

"Password dan email sudah diganti sana (pelaku). Tapi ini pelacakan terus kita lakukan agar bisa segera pulih," kata Nachrowi.

Akun yang awalnya @polres_klaten dan kini berubah menjadi @k_pres1 tersebut, lanjut Nachrowi merupakan akun resmi milik Polres Klaten. Admin dan pengelola akun tersebut merupakan bagian Humas Polres Klaten.

"Akun itu untuk sosialisasi kegiatan Polres. Adminnya juga Polres," jelasnya.

Pantauan detikcom, pukul 11.20 WIB siang ini, akun Instagram Polres Klaten masih dikuasai peretas. Setelah mengganti profil dan nama akun, hacker berkedok anonymous itu malah mengunggah foto dan sebait pernyataan.

Akun tersebut memposting foto orang bertopeng Guy Fawkes, tokoh anti pemerintah di film V for Vendetta. Postingan itu juga disertai tulisan kalimat dalam bahasa Inggris, "Seek refuge in truth, it is only a matter of time before the Indonesian public see the truth for themselves (cari perlindungan dalam kebenaran, itu hanya masalah waktu, sebelumnya masyarakat Indonesia melihat kebenaran untuk diri mereka sendiri)".

Foto yang diunggah pada Rabu (4/11) sekitar pukul 16.00 WIB itu langsung dikomentari ratusan netizen. Ada netizen yang menimpali dengan bertanya seperti akun @rizkyjubai*** menulis, "Please show me the truth if you know it".

Ada juga akun @helluw*** yang menulis "Mesti mergo anyel ketilang ki (pasti karena jengkel kena tilang ini)".

Sedangkan akun @munajat**** malah meminta hacker meretas IG milik presiden Perancis Emanuel Macron dengan menulis, "Hack akun Macron bro."

(sip/mbr)