Round-Up

Ki Seno Nugroho Meninggal, Berpulangnya Pesohor Jagat Pedalangan

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 08:21 WIB
Jenazah dalang Ki Seno Nugroho diberangkatkan ke pemakaman. Isak tangis sinden dan niyaga (penabuh gamelan) mengiringi pelepasan jenazah.
Pelepasan jenazah Ki Seno Nugroho (Foto: PIUS ERLANGGA/detikcom)
Yogyakarta -

Dalang kondang asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho meninggal di usianya yang masih 48 tahun. Manajernya, Gunawan Widagdo, menceritakan Ki Seno mengalami kolaps saat bersepeda hingga dibawa ke rumah sakit dan meninggal karena penyumbatan pembuluh darah jantung.

Selasa (3/11) sore Ki Seno tengah bersepeda bersama salah seorang warga Dusun Gayam, tempat tinggal Ki Seno. Saat itu Ki Seno sudah merasakan sakit hingga harus dijemput warga untuk bisa sampai di rumahnya.

Selepas magrib Ki Seno kembali merasa sakit hingga akhirnya harus dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Gamping. Kondisinya semakin memburuk dan dipindah ke ICCU.

Ki Seno akhirnya mengembuskan nafas terakhir karena terjadi penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Ia wafat sekitar pukul 22.15 WIB.

"Terus dipindah ke ICCU, di sana keadaannya semakin memburuk sampai muntah-muntah, akhirnya ada penyumbatan pada pembuluh darah jantung itu 100 persen penyumbatannya sehingga menyebabkan Pak Seno meninggal dunia sekitar jam 22.15 WIB," ucapnya.