Ki Manteb Kenang Sosok Ki Seno yang Ternyata Sempat Tak Tertarik Mendalang

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 16:18 WIB
Ki Manteb Sudarsono.
Ki Manteb Sudarsono. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Karanganyar -

Dalang kondang Ki Manteb Sudarsono punya cerita tersendiri tentang sosok Ki Seno Nugroho yang meninggal dunia pada Selasa (3/11) malam. Baginya, Ki Seno sudah seperti anaknya sendiri.

Ki Manteb menceritakan dirinya adalah teman dari ayah Seno, Ki Suparman Cermowiyoto. Sebelum meninggal, Suparman sempat menitipkan anaknya yaitu Ki Seno kepada Manteb agar bisa meneruskan jejak ayahnya sebagai dalang.

"Bapaknya sakit itu sudah titip ke saya. Biar melanjutkan bapaknya. Dia sendiri kalau nyebut saya Pak'e Karangpandan," kata Manteb saat dihubungi detikcom, Rabu (4/11/2020).

Pernah suatu saat Manteb mengajak Seno menyaksikan pertunjukannya di Sasana Hinggil Keraton Yogyakarta. Usai pertunjukan, Seno bercerita masih belum yakin apakah akan terjun di dunia pedalangan.

"Katanya (Ki Seno) tidak tertarik mendalang. Kok tidak tertarik gimana, saya bilang kamu sudah diwarisi wayang dan gamelan. Mending dijual saja itu," kata dalang yang tinggal di Karangpandan, Karanganyar, itu.

Jenazah dalang Ki Seno Nugroho diberangkatkan ke pemakaman. Isak tangis sinden dan niyaga (penabuh gamelan) mengiringi pelepasan jenazah.Suasana duka saat jenazah dalang Ki Seno Nugroho diberangkatkan ke pemakaman. Isak tangis sinden dan niyaga (penabuh gamelan) mengiringi pelepasan jenazah. (Foto: Pius Erlangga/detikcom)

Namun akhirnya Seno menyatakan keinginannya mendalang dengan gaya Ki Manteb. Walaupun Seno berasal dari Yogyakarta, dia banyak meniru gaya Manteb yang merupakan dalang Solo.

Itu pun sempat muncul keraguan dari Seno karena khawatir akan diejek jika dirinya menggunakan gaya Solo. Namun Manteb sekali lagi meyakinkan agar Seno bermain sesuai kata hatinya.

"Kalau diejek sama dalang Yogya gimana? Pret, pokoknya yang cocok gimana, ikuti hatimu saja. Cocoknya seperti Pak Manteb, ya tidak apa-apa, tapi Yogya jangan ditinggal. Kan tidak ada aturannya harus gaya Yogya, kenapa takut," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2