Den Baguse Ngarsa Mengenang Sosok Ki Seno: Dalang yang Cerdas

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 16:03 WIB
Susilo Nugroho alias Den Baguse Ngarsa saat menghadiri pemakaman Ki Seno Nugroho, Rabu (4/11/2020).
Susilo Nugroho alias Den Baguse Ngarsa saat menghadiri pemakaman Ki Seno Nugroho di Bantul, Rabu (4/11/2020). (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Bantul -

Sosok dalang Ki Seno Nugroho memiliki tempat spesial bagi seniman peran asal Yogyakarta, Susilo Nugroho atau yang akrab disapa Den Baguse Ngarsa. Baginya, Ki Seno merupakan sosok dalang yang kreatif.

"Dari segi kreativitasnya justru saya melihat, ada satu lompatan besar yang menurut saya benar," kata Den Baguse Ngarsa saat melayat di rumah duka, Dusun Gayam, Sedayu, Bantul, Rabu (4/11/2020).

Ia menyebut sosok wayang Bagong versi Ki Seno merupakan versi yang paling cerdas. Padahal, biasanya Bagong selalu dihadirkan dalam versi asal melucu.

Penggambaran Bagong yang cerdas dan nekat ini bagi Den Baguse Ngarsa merupakan salah satu kelebihan Seno.

"Di kalangan penggemar, selalu mengelu-ngelukan dengan Bagongnya, dan Bagongnya versi Seno itu versi yang cerdas, dan itu betul dari segi penalaran pertunjukan. Dia kelihatannya nekat, padahal ini yang bener," paparnya.

"Ada sih dalang-dalang tertentu, saya nggak berani nyebut, dikesankan Bagong itu bloon, asal melucu. Kalau ini tidak, cerdas dan aktual. Itu salah satu kelebihan Seno," sambung Den Baguse Ngarsa.

Kelebihan lain yang tampak menonjol, yaitu pada irama dramatik. Terlepas dari teknis-teknis yang banyak diperdebatkan.

"Kalau saya justru itu. Tidak peduli itu justru gimana tontonan ini dikemas sehingga tuntunannya masuk," katanya.

Ki Seno menurutnya juga orang yang konsisten dan berani mengambil profesi sebagai dalang.

"Aku kenal sebagai teman. Ketemu yo mung gojek (bertemu ya hanya bercanda). Cuma dia konsisten, wani jupuk (berani mengambil) profesi ini dan ditekuni," ucapnya.

Berpulangnya Ki Seno, dinilai Den Baguse Ngarsa meninggalkan duka untuk dunia seni tradisi terutama wayang. Namun, ia optimistis akan ada sosok dalang seperti Ki Seno lain yang muncul.

"Ya memang itu alamiah. Tetap saya optimis akan muncul yang lain meski perlu waktu. Tidak berarti ini selesai besok pagi muncul. Berkali-kali kita mengalami seperti ini. Optimis saja kalau itu," tutupnya.

(ams/rih)