Populer Pekan Ini: Drone Tak Berizin Jatuh Menimpa Candi Borobudur

Eko Susanto - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 14:24 WIB
PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko berencana sambut turis lagi mulai 8 Juni. Nantinya, wisatawan harus melalui cek suhu badan dan diberi penanda stiker.
Candi Borobudur (Foto: Getty Images/Ulet Ifansasti)
Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jateng untuk mencari informasi terkait drone jatuh di Candi Borobudur.

Sementara itu Pengelola Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur mengaku tidak menerima pengajuan izin penerbangan drone tersebut. General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana, mengatakan penerbangan drone di zona 1 Candi Borobudur harus memiliki izin dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud.

Kemudian untuk pengambilan gambar di zona 2 (kawasan taman) harus memenuhi izin dari Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

"Karena itu di zona 1 mungkin dari pihak EO atau pihak zona 1 dalam hal ini BKB (Balai Konservasi Borobudur) sudah memberikan izinlah karena mungkin sudah ada izin dari Lanud dan instansi lain berkaitan dengan perizinan drone itu," ujarnya.

Atas kejadian tersebut, BKB mengaku peristiwa tersebut akan menjadi bahan evaluasi. Kepala BKB Wiwit Kasiyati mengatakan, atas kejadian tersebut, pihaknya akan melakukan evaluasi terkait penerbangan drone di kawasan Candi Borobudur.

"Kami akan lakukan evaluasi penerbangan drone di kawasan Candi Borobudur," kata Wiwit melalui pesan kepada detikcom, Rabu (28/10).

Halaman

(mbr/mbr)