Arus Balik Libur Cuti Bersama Dimulai, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 12:27 WIB
arus balik libur cuti bersama 2020
Arus balik libur cuti bersama 2020. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Plt Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Sudiarsono mengatakan arus lalulintas sejak liburan cuti bersama naik. Naiknya kepadatan memaksa petugas melakukan rekayasa.

"Karena kepadatan naik kita lakukan setting waktu traffic light. Beberapa traffic light kita lakukan setting waktu menambah waktu hijau," terang Sudiarsono kepada detikcom via ponselnya.

Menurut Sudiarsono, untuk traffic light yang sudah otomatis sistem ATCS tidak masalah sebab bisa dikendalikan dari kantor dinas. Tapi yang belum harus datang ke lapangan.

"Yang belum ATCS kita harus datang ke lapangan mengatur ulang waktu agar kendaraan tidak menumpuk. Nanti setelah normal kita kembalikan," kata Sudiarsono.

Untuk puncak arus balik, sambung Sudiarsono, diperkirakan akan terjadi hari Minggu. Untuk Sabtu ini sebagian masih berwisata. " Puncaknya kemungkinan Minggu. Hari Sabtu ada tapi masih bercampur dengan wisata," pungkas Sudiarsono.

Pantauan detikcom pukul 10.30 WIB, arus kendaraan di jalan Yogya-Solo didominasi dari arah Yogyakarta ke Solo. Mobil pribadi bernomor polisi B, W, N, L dan lainnya bergerak ke timur sehingga menyebabkan antrean kendaraan.

Halaman

(mbr/mbr)