Puncak Kedatangan Penumpang Kereta Libur Panjang di Yogya Terjadi Semalam

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 15:07 WIB
Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Rabu (28/10/2020).
Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta -

Memasuki hari pertama libur panjang cuti bersama, PT KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat peningkatan jumlah penumpang yang turun di Stasiun Tugu Yogyakarta. Selain itu, KAI Daop 6 memprediksi puncak arus balik terjadi pada hari Minggu (1/11).

"Untuk yang turun di Stasiun besar Yogyakarta hari ini ada 3.890, ya hampir 4.000 lah yang turun di sini. Kalau kebanyakan dari mana ya dari Jakarta," kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto saat ditemui wartawan di Stasiun Tugu Yogyakarta, Kecamatan Gedongtengen, Kota Yogyakarta, Rabu (28/10/2020).

Peningkatan penumpang tersebut karena adanya penambahan Kereta Api jarak jauh. Menurutnya, peningkatan penumpang sendiri sudah terjadi sejak hari Senin (26/10).

"Dalam sehari ini kalau pandemi ada 2-3 ribu penumpang, terus tanggal 26 itu ada 3 ribu dan kali ini meningkat signifikan sampai 7000 (data Daop 6)," katanya.

Selain itu, Eko menyebut puncak mudik sudah terjadi malam tadi, Selasa (27/10). Sedangkan puncak arus balik saat libur panjang diperkirakan terjadi hari Minggu.

"Untuk puncak kedatangan malam tadi, dan untuk puncak arus balik diperkirakan hari Minggu," ujarnya.

Perlu diketahui, selama libur panjang dari hari ini sampai 1 November, PT KAI Daop 6 Yogyakarta menambah perjalanan Kereta Api jarak jauh. Semua itu untuk memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat.

Tambahan Kereta itu adalah 12 Kereta tersebut adalah Kereta Api jarak jauh dengan keberangkatan dari wilayah Daop 6. Adapun 12 Kereta Api jarak jauh yang akan beroperasi dari wilayah Daop 6 Yogyakarta antara lain; Kereta Api Argo Lawu, Taksaka, Argo Dwipangga, Argo Lawu Fakultatif, Taksaka Fakultatif, Mataram, Bogowonto, Gajahwong, Senja Utama Yogyakarta, Joglosemarkerto, Bengawan, dan Kereta Api Sritanjung.

Selain itu, terdapat pula berbagai Kereta Api lain yang juga melintas di wilayah Daop 6 dan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian menuju ke berbagai kota tujuan. Adapun Kereta itu seperti Kereta Api Argo Wilis, Bima, Turangga, Sembrani, Gajayana, Mutiara Selatan, Malabar, Brantas, Ranggajati, Jayakarta, Matarmaja, Kahuripan, Wijaya Kusuma, dan berbagai Kereta Api lainnya.

Disamping itu, PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan 4 Perjalanan KA Bandara YIA untuk memfasilitasi penumpang yang akan bepergian menuju Bandara YIA dari Stasiun Yogyakarta maupun Stasiun Kebumen.

Tonton video '147 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Sambut Libur Cuti Bersama':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)