Geger Pria Ngamuk Acungkan Gunting ke Peziarah Menara Kudus

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 14:59 WIB
Kompleks Menara Kudus, Rabu (28/10/2020).
Kompleks Menara Kudus, Rabu (28/10/2020). Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Kudus -

Video penangkapan seorang pria yang mengamuk di kompleks Menara Kudus viral di grup WhatsApp. Pria itu membawa gunting dan disebut sempat memukul peziarah.

Dalam video berdurasi 15 detik, tampak seorang pria yang hanya mengenakan celana panjang diamankan sejumlah petugas kepolisian. Terlihat pria itu dalam kondisi tangan terikat.

Saat dimintai konfirmasi, Kapolsek Kota Kudus AKP Khoirul Naim membenarkan telah mengamankan seorang pria yang mengamuk dan membawa gunting di depan Menara Kudus. Menurutnya, pria tersebut mengalami gangguan jiwa.

"Iya benar, ada orang gila bawa gunting diamankan petugas polisi," kata Khoirul Naim kepada detikcom lewat pesan singkat, Rabu (28/10/2020).

"Anggota telah mengamankan dan membawa orang gangguan jiwa mengamuk di depan Menara Kudus. Orang gangguan jiwa tersebut berusia 40 tahun warga Kelurahan Panjunan, Kecamatan Kota, Kudus," jelas Naim.

Pria gangguan jiwa diamankan polisi di depan Menara Kudus, Rabu (28/10/2020).Pria gangguan jiwa diamankan polisi di depan Menara Kudus, Rabu (28/10/2020). Foto: Istimewa/tangkapan layar video viral

Sementara itu, salah satu penjual di depan Menara Kudus sekaligus saksi mata, Aska (35), mengatakan siang tadi ada pria yang mengalami gangguan jiwa mengamuk di depan Menara Kudus. Menurutnya, pria itu mengacungkan gunting kepada peziarah yang melintas di depan Menara Kudus.

"Iya tadi ada pria stres mengamuk di depan Menara Kudus. Dia mengacungkan gunting kepada peziarah," kata Aska saat ditemui di lokasi kejadian.

Pedagang lain di depan Menara Kudus, Pujiati (44), mengatakan pria tersebut berada di kawasan Menara Kudus sejak Rabu dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Pria itu, kata dia, duduk-duduk di depan Menara Kudus.

Menurutnya, ada peziarah yang melintas sempat kena pukul oleh pria tersebut. Khawatir akan mengamuk kembali, sehingga akhirnya dilaporkan kepada pihak kepolisian.

"Pria itu sudah ada mulai pagi, jam 3 pagi esok. Duduk di sana. Tadi sempat ada orang jalan, orang itu dikepruk (dipukul). Dikhawatirkan mengamuk akhirnya warga melaporkan kepada polisi," kata Pujiati saat ditemui di lokasi kejadian.

Dari pantauan detikcom di lokasi, setelah pria itu diamankan, kondisi di depan Menara Kudus kondusif. Tampak sejumlah peziarah keluar masuk di Makam, Masjid, dan Menara Sunan Kudus.

Lihat juga video 'Polisi Tangkap 2 Pengantar Jenazah yang Serang Toko di Maros Sulsel':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)