Libur Cuti Bersama, Begini Kondisi Lalin di Tol Kalikangkung Malam Ini

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 21:17 WIB
Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Selasa (27/10/2020).
Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Selasa (27/10/2020). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Menjelang libur cuti bersama oktober 2020 akhir pekan ini yang dimulai Rabu (28/10) besok, kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, terpantau ramai lancar malam ini. Diperkirakan puncak arus lalu lintas libur cuti bersama akan terjadi malam ini.

Dari pantauan detikcom mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 20.15 WIB, arus lalu lintas dari Jakarta dan Semarang sama-sama ramai lancar. Untuk dari Jakarta menuju Semarang, lalu lintas didominasi kendaraan pribadi. Sedangkan dari Semarang ke arah Jakarta lebih dominan kendaraan berat.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono yang melakukan pemantauan di Gerbang Tol Kalikangkung mengatakan, dari pantauannya mulai dari Banten pagi tadi hingga Kalikangkung malam ini masih belum menunjukkan peningkatan arus lalu lintas yang signifikan.

"Sore Palimanan juga normal, Kalikangkung ini normal. Mudah-mudahan ini berkat kesadaran masyarakat yang meningkat," kata Istiono di Gerbang Tol Kalikangkung, Selasa (27/10/2020).

"(Puncak arus) Perkiraan malam ini namun demikian arus menuju Jawa belum tampak peningkatan signifikan saat ini. Jajaran sudah siap," imbuhnya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jateng Kombes Rudy Syafrudin menjelaskan saat ini arus lalu lintas di Tol Kalikangkung mulai ramai namun peningkatan masih sekitar empat persen dari biasanya. Gelombang arus lalu lintas dari Jakarta diperkirakan baru terjadi mulai pukul 21.00-22.00 WIB.

"Kalikangkung mulai meriah, nanti lihat volumenya seperti apa. Puncaknya malam ini. Dari arah Jakarta datangnya jam 21.00-22.00, karena titik keluar diperkirakan banyak di Kalikangkung," kata Rudy.

Untuk diketahui, Polda Jateng dalam libur cuti bersama akhir pekan ini menerjunkan 1.700 personel untuk berjaga di wilayah Brebes sampai Rembang. Angka tersebut sudah termasuk 37 patroli jalan raya (PJR) Polda Jateng yang bertanggung jawab melakukan pengamanan di tol.

"Di samping itu, polres-polres jajaran melakukan kegiatan yang di luar tol itu sendiri," kata Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi di Brebes, hari ini.

Selain itu, Polda Jateng juga menyiapkan sejumlah pos pengamanan yakni di Brexit, Kalikangkung, Banyumas, Rembang dan Brebes.

(rih/mbr)