Polisi: Pelaku Dijemput Seorang Pria Usai Bakar Jasad-Mobil Yulia

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 18:37 WIB
Polisi menggelar prarekonstruksi tahap pertama kasus pembunuhan Yulia (42) yang mayatnya ditemukan terbakar dalam mobil di Kabupaten Sukoharjo.
Polisi gelar prarekonstruksi tahap pertama kasus pembunuhan Yulia (42) yang mayatnya ditemukan terbakar dalam mobil di Sukoharjo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Sukoharjo -

Muncul sosok pria berinisial S dalam kasus pembunuhan Yulia (42), wanita warga Solo yang ditemukan tewas dalam mobil terbakar di Sukoharjo. Polisi mengungkap S menjemput pelaku Eko Prasetyo (30) usai membakar jasad dan mobil Yulia.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan, sesaat setelah membakar mobil, Eko berjalan kaki sampai di sebuah bank yang tak jauh dari lokasi pembakaran, Desa Sugihan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo. Eko lalu meminta S menjemputnya.

"Pelaku sempat jalan kaki menuju bank lalu minta jemput S," kata Bambang usai menggelar prarekonstruksi tahap kedua di TKP pembakaran Yulia, Selasa (27/10/2020).

S diketahui sebagai pegawai yang setiap hari mengurus kandang ayam, bisnis Eko dan Yulia. Namun, polisi memastikan S tidak berkaitan dengan pembunuhan.

"S hanya saksi. Tidak tahu soal pembunuhan, hanya diminta menjemput," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi mengatakan awal kejadian kasus pembunuhan Yulia bermula saat keduanya janjian bertemu di kandang ayam. Hal itu terlihat dalam percakapan Yulia dengan anaknya melalui ponsel.

"Senin (19/10) chat dengan putrinya. Selasa (20/10) sore jam 17.00 WIB ditemui di kandang ayam untuk pengecekan ayam," kata Luthfi di Mapolres Sukoharjo, Jumat (23/10).

Yulia ditemui tersangka di lokasi kandang ayam yang jaraknya sekitar 500 meter dari rumah tersangka, sekitar pukul 17.00 WIB. Selesai menengok kandang ayam dan saat akan masuk ke mobil, Yulia dipukul menggunakan linggis dari belakang sebanyak dua kali. Korban lalu diseret dan dilakban.

Tak hanya itu, tersangka Eko juga meminta PIN m-banking korban. Uang Rp 8 juta yang dibawa Yulia diambil pelaku. Selain itu pelaku juga mengambil uang Rp 15 juta dari rekening korban.

Yulia yang telah tewas lalu dimasukkan ke dalam mobil milik korban. Pelaku lalu membawa mobil korban menuju ke TKP kedua, di depan toko material bangunan di Desa Sugihan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo.

Korban lalu ditemukan oleh warga sekitar pukul 22.00 WIB. Mayat korban ditemukan berada di dalam mobil yang terbakar. Polisi kemudian berhasil menangkap pelaku di rumahnya pada Rabu (21/10) pukul 03.00 WIB.

(rih/rih)