Warga Klaten Boleh Gelar Peringatan Maulid Nabi, Ini Syaratnya

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 13:02 WIB
Surat Edaran dari Kemenag Klaten terkait peringatan Maulid Nabi Muhammad, Minggu (25/10/2020).
Surat Edaran dari Kemenag Klaten terkait peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Umat Islam di Kabupaten Klaten diizinkan menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1442 H atau 2020. Namun pelaksanaannya harus menerapkan protokol kesehatan virus Corona atau COVID 19.

"Tentu diizinkan. Tetapi harus dengan menerapkan protokol pencegahan COVID-19 dan semaksimal mungkin menggunakan media online atau virtual," jelas Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Anif Solikin, pada detikcom di kantornya, Minggu (25/10/2020).

Acara peringatan Maulid Nabi pada tingkat Kabupaten Klaten juga akan tetap diselenggarakan meski tak seperti sebelum pandemi. Pengajian peringatan Maulid Nabi di Klaten akan digelar secara online.

Kemenag, jelas Anif mengimbau masyarakat yang akan mengadakan peringatan untuk mematuhi petunjuk pemerintah atau Satgas setempat. Termasuk menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, dia meminta jika acara akan digelar secara tatap muka maka seharusnya jumlah peserta dan durasinya dibatasi.

"Imbauan kami kepada masyarakat khususnya umat Islam yang akan menyelenggarakan kegiatan pengajian maupun kegiatan lainnya dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, agar senantiasa mengikuti petunjuk pemerintah/gugas setempat. Menaati protokol kesehatan dengan jaga jarak, selalu pakai masker dan sering mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir," urai Anif.

Koordinator Wilayah Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten dokter Roni Reokmito menambahkan, masyarakat bisa memedomani surat edaran Kemenag terkait peringatan Maulid Nabi.

"Dasar SE itu Program kerja PHBI Kabupaten Klaten Tahun 2020 dan hasil rapat koordinasi PHBI Kabupaten Klaten dengan dinas/ instansi ormas pada Hari Jumat tanggal 23 Oktober 2020," jelas Roni pada detikcom.

Roni melanjutkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad
SAW Tahun 1442 H/2020 M di tingkat Kabupaten Klaten akan dilaksanakan secara daring online pada Selasa (27/10) pukul 19.30 WIB.

"Peringatan (Maulid Nabi) tingkat kecamatan, desa, jamaah Masjid/ Musala dapat dilaksanakan secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangkap pencegahan penularan COVID-19 atau semaksimal mungkin dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada secara daring (online/ virtual)," terang Roni.

Tonton juga 'Ada Libur Panjang Maulid Nabi, Tito: Kegiatan Tradisi Baiknya Tak Digelar':

[Gambas:Video 20detik]

(sip/sip)