Penyerang Wanita Sedang Salat di Tegal Dipastikan Idap Gangguan Jiwa

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 13:46 WIB
Polisi tangkap penyerang wanita yang sedang salat di musala, Kabupaten Tegal, pada Jumat (9/10/2020).
Tersangka Mamat penyerang Bu Ruminah saat salat di musala dipastikan gangguan jiwa (Foto: Dok Polres Tegal)
Tegal -

Muhammad Nur Yusuf alias Mamat (41) pelaku penyerangan terhadap Ruminah (54) saat sedang salat di musala, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dipastikan mengidap gangguan jiwa. Mamat kini diserahkan ke Dinas Sosial untuk direhabilitasi.

"Hasil observasi kejiwaan Mamat keluar beberapa hari lalu. Tapi kami mendapat kabar itu hari Jumat (16/10) kemarin secara lisan. Hasilnya positif mengalami gangguan kejiwaan," kata Kasat Reksrim Polres Tegal, AKP Heru Sanusi via telepon, Rabu (21/10/2020).

Heru menyebut usai diamankan, Mamat diobservasi di RSUD dr Suselo untuk memastikan kondisi kejiwaannya. Pihaknya memastikan kasus penyerangan terhadap Ruminah bakal diproses. Namun, jika pelaku dipastikan mengidap gangguan jiwa maka yang bersangkutan bakal diserahkan ke Dinas Sosial.

"Karena mengalami gangguan kejiwaan, pelaku kami serahkan ke Dinas Sosial," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Ruminah, warga Desa Lebeteng, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, menderita luka parah di bagian kepala. Dia diserang oleh Mamat, saat sedang salat sunat qobliyah menjelang subuh di Musala Ashodiqiin.

Peristiwa penyerangan ini terjadi pada Senin tanggal 5 Oktober lalu, pukul 04.00 WIB. Akibat kejadian ini, Ruminah mengalami luka di bagian kepala dan mendapat tiga jahitan.

Dari keterangan para tetangga Mamat dikenal sebagai orang yang mengidap gangguan jiwa. Sehingga Mamat dibawa ke RSUD Suselo untuk observasi kejiwaan sebelum menjalani proses hukum lebih lanjut.

"Warga sudah tahu dia itu sakit jiwa. Dia hidup sendiri di rumah orang tua dan kadang tidak pulang," kata Heru, Selasa (13/10) lalu.

(ams/mbr)