Kisah di Balik Bangsal Magangan Keraton Yogya yang Pilarnya Dilingkari Ular

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 13:28 WIB
Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta
Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Foto penampakan ular melingkari salah satu tiang atau pilar Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta sedang menjadi pembicaraan hangat. Berikut ini adalah gambaran mengenai bangunan Bangsal Magangan dan fungsinya di dalam kompleks Keraton Yogyakarta.

Bangsal Magangan adalah salah satu bangunan yang ada di dalam kompleks Keraton Yogyakarta. Sesuai namanya, bangunan itu dulu difungsikan untuk melakukan seleksi bagi calon abdi dalem yang akan magang mengabdi di keraton. Seleksi tersebut dilakukan terutama untuk yang akan magang abdi dalem prajurit keraton.

"Fungsi Bangsal Magangan itu untuk seleksi para abdi dalem prajurit, dulunya seperti itu. Diseleksi di Bangsal Magangan itu," ujar Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta, KRT Jatiningrat, saat dihubungi detikcom, Selasa (20/10/2020).

Seleksi itu, kata pria yang akrab disapa Romo Tirun ini, biasanya dilakukan oleh kerabat maupun abdi dalem senior, yang dipimpin oleh petinggi keraton. Tak jarang, proses seleksi dipimpin salah seorang putra, putra mahkota atau bahkan oleh Sultan sendiri.

"Yang ada di situ (memimpin seleksi) putra mahkota biasanya, atau Sultan sendiri juga bisa memilih (abdi dalem). Makanya namanya Magangan, karena magang itu kan artinya calon," lanjutnya.

Bangsal Magangan Keraton YogyakartaBangsal Magangan Keraton Yogyakarta (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)

Seperti diberitakan, pada malam Jumat Kliwon (15/10) lalu seekor ular terlihat melingkari salah satu tiang atau pilar Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta. Pihak Keraton Yogyakarta membenarkan kejadian itu.

"(Ular melingkari pilar Keraton Yogyakarta) Itu malam Jumat Kliwon (15/10)," kata KRT Jatiningrat.

Pria yang akrab disapa Romo Tirun ini melanjutkan, ular tersebut diketahui melingkar di salah satu pilar Bangsal Magangan, Keraton Yogyakarta.

"Di Bangsal Magangan, tepatnya di pilar sebelah barat utara, itu persis di atas umpak (batu penyangga tiang). Jadi itu bagiannya kan umpak yang paling bawah, terus atasnya kan sudah mulai tiangnya itu, nah itu pas melingkar di atas umpak itu," paparnya.

Tonton video 'Malam Jumat Kliwon, Ular Melingkari Pilar Bangsal Keraton Yogya':

[Gambas:Video 20detik]






(mbr/sip)