Keraton Yogya Sebut Motif Ular yang Melingkari Pilar Bangsal Tak Biasa

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 12:13 WIB
Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta
Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta. (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Foto ular melingkari pilar bangsal di Keraton Yogyakarta yang diposting akun Twitter @fthhrrs ramai diperbincangkan di media sosial. Pihak Keraton Yogyakarta menyebut motif ular tersebut tak biasa.

"Ya memang misterius, malam-malam kok ada ular. Wujudnya (ular) itu kok seperti beras wutah (beras tumpah), tlenik-tlenik (motif titik-titik) tidak seperti biasanya. Tapi namanya juga Keraton, mesti tidak seperti biasanya," kata Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta, KRT Jatiningrat, saat dihubungi detikcom, Selasa (20/10/2020).

Pria yang akrab disapa Romo Tirun itu menceritakan ular itu melingkari pilar yang ada di Bangsal Magangan. Dia mengungkap serupa sebetulnya kerap terjadi di lingkup Keraton Yogyakarta.

"Jadi kalau ada hal-hal yang aneh itu sudah biasa. Mungkin di luar mengejutkan, tapi kalau di keraton, orang-orang keraton (biasa). Jadi hal-hal yang tidak biasa di luar sudah biasa di keraton, tidak pada terkejut, apalagi harinya malam Jumat Kliwon dan sedang memperingati haulnya HB (Sri Sultan Hamengku Buwono) IX," kata Romo Tirun.

Terkait arti hadirnya ular tersebut, Romo Tirun enggan menjelaskan secara rinci. Sebab menurutnya ular tersebut tidak mengganggu.

"Ularnya tidak mengganggu, memperlihatkan diri biasa itu. Kemarin juga dibiarkan saja terus hilang kok, dibiarkan, terus mau dilihat lagi sudah hilang," ucapnya.

Menurutnya, kejadian munculnya hewan di Keraton adalah hal yang biasa. Karena itu, dia meminta masyarakat tidak perlu mengkaitkan dengan hal-hal yang tidak semestinya.

"Ya tidak apa-apa, ya biasa itu. Di Keraton sering kejadian-kejadian yang begitu-begitu dan itu sudah biasa, kejadian biasa," ujarnya.

(sip/mbr)