Seorang Dosen FH UNS Solo Meninggal Terpapar Corona

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 16:01 WIB
Pengumuman meninggalnya Dosen Fakultas Hukum UNS Solo Prasetyo Hadi Purwandoko
Pengumuman meninggalnya Dosen Fakultas Hukum UNS Solo Prasetyo Hadi Purwandoko (Foto: dok. Istimewa)
Solo -

Seorang dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (FH UNS) Solo, Prasetyo Hadi Purwandoko meninggal dunia dini hari tadi. Dia sempat dirawat karena positif virus Corona atau COVID-19.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Rektor UNS Jamal Wiwoho. Prasetyo meninggal pada Senin (19/10) di RS UNS pukul 01.00 WIB dini hari tadi.

"Iya, sempat dirawat di RS UNS sejak Senin atau Selasa yang lalu. Meninggal tadi malam," kata Jamal saat dimintai konfirmasi wartawan melalui telepon, Senin (19/10/2020).

Jamal menceritakan Prasetyo Hadi awalnya dites swab pada Kamis (8/10), saat hendak bertugas ke Palu, Sulawesi Tengah dalam kegiatan bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kala itu, hasil tes swab Prasetyo dinyatakan positif virus Corona sehingga diminta beristirahat.

"Saat itu beliau tidak bergejala, jadi minta isolasi mandiri. Baru hari Senin (13/10) atau Selasa (14/10) itu merasakan sesak napas, akhirnya dijemput ambulans dan dirawat di RS UNS," ujar dia.

Jamal mengaku baru semalam mendapatkan kabar duka tersebut. Dia memastikan proses pemakaman Prasetyo telah dilaksanakan dengan protokol kesehatan virus Corona.

"Pemakaman dilaksanakan pagi tadi dengan prosedur COVID-19. Kita juga sudah sampaikan itu kepada Dinas Kesehatan Sukoharjo," terang Jamal.

Rencananya, Jamal akan menggelar tahlilan secara online nanti malam. Dalam kesempatan ini, Jamal menyebut Prasetyo merupakan salah satu dosen terbaik di FH.

"Nanti malam kita lakukan tahlilan melalui Zoom Meeting. Semoga husnul khotimah, diterima di sisi Tuhan. Kami sangat kehilangan, beliau dosen fakultas hukum yang terbaik. Pribadinya baik, agama baik, sosial baik," tutup Jamal.

(ams/ams)