2 ABG Jadi Tersangka Rusuh Demo Omnibus Law di Sukoharjo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 16 Okt 2020 16:25 WIB
Truk Satpol PP dibakar massa demo Omnibus Law di Bundaran Tugu Kartasura, Sukoharjo, Kamis (8/10/2020).
Truk Satpol PP terbakar di lokasi demo omnibus law di Bundaran Tugu Kartasura, Sukoharjo, Kamis (8/10/2020). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Sukoharjo -

Polisi menetapkan dua orang yang masih ABG jadi tersangka kericuhan dalam aksi demo tolak omnibus law UU Cita Kerja di Tugu Kartasura, Sukoharjo, beberapa waktu lalu. Mereka diduga terkait dalam perusakan hingga berujung terbakarnya truk Satpol PP.

Kasat Reskrim Polres Sukoharjo AKP Muh Alfan mengatakan dua orang tersebut telah menjalani pemeriksaan. Salah satunya masih termasuk usia pelajar.

"Dua orang sudah kita tetapkan sebagai tersangka. Salah satunya pelajar, masih sekolah. Satunya 18 tahun, inisial RK," kata Alfan saat dihubungi detikcom, Jumat (16/10/2020).

RK ditangkap saat hendak mengikuti demonstrasi di Balai Kota Solo. Polresta Solo mengidentifikasi dirinya turut serta dalam kerusuhan di Tugu Kartasura sehingga diserahkan ke Polres Sukoharjo.

"RK saat itu kita interogasi, mengakui ikut di Kartasura. Kita cek video-video dia juga ada," ujarnya.

Kedua tersangka diduga merusak kendaraan dinas Satpol PP. Namun polisi masih mendalami keterlibatannya terkait pembakaran truk.

"Sementara kita kenakan pasal perusakan. Mereka ikut mendorong truk Satpol PP dan menggoyang-goyangkan. Itu (pembakaran) masih didalami," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo, menceritakan saat itu kejadian bermula saat aparat membubarkan demonstran menggunakan gas air mata. Saat itu sejumlah massa bergerak menuju truk Satpol PP.

"Setelah ada tembakan gas air mata itu ada sekelompok orang bergerak ke arah truk. Saat itu ada sopirnya di dalam, tapi massa nekat menggoyang-goyangkan truk," ujar Heru.

Untungnya warga sekitar berani menolong sopir tersebut. Hingga akhirnya terjadi kebakaran pada truk Satpol PP.

"Itu sopirnya sudah ditunjuk-tunjuk sama massa. Untung warga berani mengambil sopirnya, diamankan warga. Tahu-tahu sudah terbakar," katanya.

Diketahui, demo tolak omnibus law UU Cipta Kerja di Bundaran Tugu Kartasura, Sukoharjo, Kamis (8/10) berujung ricuh. Satu unit truk Satpol PP dibakar massa.

Kerusuhan mulai pecah pada sekitar pukul 17.20 WIB. Beberapa kemudian saat itu tampak sebuah truk Satpol PP terbakar hebat. Truk itu terletak di Jalan Solo-Yogyakarta, sisi selatan Tugu Kartasura.

Situasi memanas ketika massa ingin memasang spanduk ke atas sebuah baliho. Sebelumnya tampak beberapa orang sempat menyalakan flare dan kembang api. Sempat terjadi aksi lempar botol dan batu sebelum akhirnya polisi menembakkan gas air mata dan water cannon.

Video 'Mak Lampir hingga Dukun Gunung Kidul Ikut Demo Tolak Omnibus Law':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)