Kampanye Pilbup Purbalingga, Adik Ipar Ganjar Blusukan Secara Virtual

Arbi Anugrah - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 19:56 WIB
Paslon Muhammad Sulhan Fauzi (Oji) dan adik ipar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Zaini Makarim Supriyatno (Jeni) kampanye Pilkada Purbalingga secara virtual, Rabu (14/10/2020).
Paslon Muhammad Sulhan Fauzi (Oji) dan adik ipar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Zaini Makarim Supriyatno (Jeni) kampanye Pilkada Purbalingga secara virtual, Rabu (14/10/2020). Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Purbalingga -

Pasangan Muhammad Sulhan Fauzi (Oji) dan adik ipar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Zaini Makarim Supriyatno (Jeni) melakukan kampanye Pilkada Purbalingga secara virtual. Metode kampanye ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Kampanye secara virtual ini salah satunya menyasar Pasar Badog Bancar, Kelurahan Bancar, Kecamatan Purbalingga dengan menggunakan sebuah televisi berukuran 54 inci yang dimodifikasi lengkap dengan akses internet. Hal tersebut untuk memudahkan masyarakat berinteraksi langsung dengan calon Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga nomor urut satu ini.

Salah satu tim sukses paslon Oji-Jeni, Habib Abdilah mengatakan jika kegiatan kampanye secara virtual box ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerumunan dan kontak langsung di tengah pandemi COVID-19. Namun demikian masyarakat tetap bisa berinteraksi dengan calon Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga.

"Harapan kita, tidak terjadi kerumunan, tidak terjadi kontak langsung dengan cara virtual box seperti ini, jadi mereka tetap masih bisa menyapa dengan calon bupati dan wakil bupatinya," kata Habib di sela kegiatan kampanye virtual, Rabu (14/10/2020).

Dia mengatakan kampanye virtual box ini merupakan inovasi yang sengaja dilakukan di masa pandemi COVID-19. Sehingga diharapkan melalui kreativitas alat kampanye virtual box ini dapat mewakili paslon Oji-Jeni di sela kesibukan mereka bersilaturahmi ke wilayah lain.

"Jadi karena saat ini mereka sosialisasi di desa-desa terpencil dan kecamatan-kecamatan pinggiran Purbalingga, jadi untuk yang belum terjangkau oleh mereka karena tidak mungkin semuanya ter-cover di waktu yang 50 hari ini. Kita menyediakan virtual box di sela-sela kesibukan mereka tengah berkunjung dan silaturahmi ke daerah yang lain, kita tetap bisa menyapa masyarakat Purbalingga dengan cara virtual box seperti ini. Juga untuk mencegah wabah COVID-19 di Purbalingga," ujarnya.

Dalam kampanye menggunakan virtual box ini, beberapa warga menyampaikan langsung aspirasinya kepada pasangan Oji-Jeni. Salah satunya, keinginan agar pasar tersebut diperbaiki. Ada pula yang menyampaikan keluh kesahnya terkait hasil pertanian di wilayahnya.

Sementara menurut salah satu warga yang berada di Pasar Badog, Purbalingga, Yuni (42), mengatakan jika dirinya baru pertama kali melihat model kampanye secara virtual seperti ini. Menurut dia model kampanye seperti ini sangat bagus untuk mencegah penyebaran virus Corona karena efektif, dan lebih aman.

"Dalam masa pandemi Corona seperti sekarang ini, untuk kampanye seperti ini saya kira sangat luar biasa. Yang pertama kita dapat komunikasi langsung dengan calon bupati dan wakil bupati, aspirasi kita tersampaikan, terus ada jawaban langsung dari calon bupati dan wakil bupati, kami sangat setuju dengan acara kampanye yang seperti ini, karena dengan tidak adanya kumpul-kumpul, kita juga menghindari dari virus Corona," jelas Yuni.

(rih/ams)