Gemas! Viral Polisi Bawa Kucing Pelacak di Tengah Demo, Ternyata...

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 18:20 WIB
Viral polisi bawa kucing pelacak saat amankan demo di Magelang, Jumat (9/10/2020).
Viral polisi bawa kucing 'pelacak' saat amankan demo. (Foto: dok. Twitter @jawafess)
Magelang -

Foto seorang polisi bersama seekor kucing saat demo viral di media sosial. Dalam keterangan foto tersebut dituliskan polisi membawa kucing pelacak. Seperti apa faktanya?

Foto polisi membawa 'kucing pelacak' ini diunggah akun Twitter @jawafess, Minggu (11/10). Dalam foto itu tampak seorang polisi memegang tali warna kuning dan seekor kucing berbulu tebal warna abu-abu.

Dilihat detikcom Selasa (13/10), foto kucing pelacak itu sudah di-retweet sebanyak 966 orang, dan disukai 7,5 ribu orang.

"Lur ono kucing pelacak (Lur ada kucing pelacak)," tulis @jawafess.


Tak hanya akun @jawafess, akun instagram @kotamagelang juga menggunggah foto tersebut pada hari yang sama. Ditilik detikcom foto itu disukai lebih dari 7 ribu orang, dan dikomentari sedikitnya 140 orang.

Dari penelusuran detikcom, foto itu diambil pada Jumat (9/10) lalu. Kala itu ada demo menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di depan Artos Mall Magelang. Ternyata kucing itu bukan kucing pelacak.

"Nggak. Itu hanya warga saja yang senang dengan polisi, kemudian warga tersebut memang pembawa kucing sehingga polisi diajak untuk berfoto bersama dengan kucingnya itu aja," kata Wakapolres Magelang Kompol Aron Sebastian kepada wartawan usai mengamankan jalannya aksi saat ditemui di Artos Mall Magelang, Selasa (13/10/2020).

Aron memastikan foto viral itu bukan kucing pelacak. Dia meluruskan kucing itu berjenis Persia dan milik warga yang tengah melintas.

"Bukan, itu kucing Persia," katanya.

Meski begitu dia senang dengan foto polisi yang viral itu. Aron melihatnya sebagai sesuatu yang positif.

"Ya berarti polisi disenangi masyarakat," tuturnya.

(ams/sip)