Massa #MagelangBergerak2 Demo Tolak Omnibus Law di Gedung DPRD

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 11:30 WIB
Demo tolak Ombnibus Law di Magelang, 13/10/2020
Demo tolak UU Ombnibus Law Cipta Kerja di Kota Magelang, Selasa (13/10/2020). (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kota Magelang -

Massa dari kalangan mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Kota Magelang, Jawa Tengah menggelar demo menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja hari ini. Massa yang menyebut diri Aliansi Rakyat Kedu #MagelangBergerak2 tersebut saat ini bergerak menuju Gedung DPRD Kota Magelang.

Berdasarkan pantauan detikcom, massa mulai bergerak pukul 10.50 WIB, yang berkumpul di Jalan Raya Sarwo Edhie Wibowo, Kota Magelang, Selasa (13/10/2020).

Massa bergerak bersama jalan menuju Gedung DPRD Kota Magelang yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari lokasi titik kumpul. Sepanjang jalan, massa menyanyikan Lagu 'Indonesia Raya' dan 'Gugur Bunga'.

Demo tolak Ombnibus Law di Magelang, 13/10/2020Demo tolak UU Ombnibus Law Cipta Kerja di Kota Magelang, Selasa (13/10/2020). Foto: Eko Susanto/detikcom

Sejumlah poster penolakan pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja, dibentangkan oleh massa demo.

Sejauh pengamatan detikcom, massa terlihat bergerak secara tertib di jalan. Sedangkan pengamanan aksi dilakukan oleh personel Polres Magelang Kota dibantu personel beberapa Polres sekitarnya. Selain itu, tampak ada juga personel TNI yang bersiaga di lokasi demo.

Sesampai di lokasi depan gedung DPRD Kota Magelang, perwakilan massa langsung melakukan orasi-orasi.

"Hari ini tunjukkan mahasiswa di Magelang memiliki keresahan bersama. Kita tunjukan bahwa aksi kita damai, datang atas panggilan hati nurani. Tidak ditunggangi parpol," kata Buyung, Presiden Mahasiswa Universitas Tidar (Untidar) Magelang dalam orasinya.

Sementara itu, nampak juga Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno beserta Wakil Ketua DPRD lainnya telah siap menerima massa aksi tersebut.

Demo tolak Ombnibus Law di Magelang, 13/10/2020Demo tolak Ombnibus Law di Magelang, 13/10/2020 Foto: Eko Susanto/detikcom
(mbr/sip)