Bertambah, Kasus Positif Corona di Klaster Setda Kudus Jadi 27

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 16:39 WIB
Gedung Setda Kudus yang ditutup sementara, Senin (28/9/2020).
Gedung Setda Kudus yang sempat ditutup sementara, Senin (28/9/2020). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Plt Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan jumlah pegawai di lingkungan Setda Kudus yang terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19 bertambah menjadi 27 orang. Sebelumnya ada 15 pegawai yang terkonfirmasi Corona, seorang di antaranya meninggal dunia.

"Sekarang menjadi 27 pegawai, sebelumnya ada 15 pegawai. Ini dari hasil 400 pegawai yang dites swab. Semua di lingkungan Setda (termasuk Kesbangpol dan Bagian Hukum Setda Kudus)," kata Hartopo saat ditemui di Pendapa Pemkab Kudus, Rabu (7/10/2020).

Hartopo mengatakan bahwa untuk pegawai yang terkonfirmasi positif Corona kini menjalani isolasi mandiri. Dari pemkab juga telah menyediakan tempat isolasi di Rusunawa Kudus.

"Kalau OTG (orang tanpa gejala) bisa isolasi mandiri, selain itu juga bisa kita sediakan di Rusunawa," jelas Hartopo.

Meskipun jumlah pegawai yang terkonfirmasi positif Corona bertambah, kata dia, Setda Kudus tidak menerapkan work from home (WFH) kembali. Menurutnya yang terpenting yakni para pegawai harus menerapkan protokol secara ketat. Mulai pakai masker dan selalu cuci tangan.

Sebelumnya diberitakan, Pemkab Kudus telah memberlakukan WFH di Setda Kudus mulai 20 September sampai 5 Oktober 2020.

"Di lingkungan Setda Kudus ketika berbicara jangan sampai bicara sampai maskernya dibuka. Sekarang OTG pakai masker terus akan mengurangi penularan," ujar dia.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (7/10/2020).Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (7/10/2020). Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Sementara itu, dari data corona Kudus per Rabu (7/10), jumlah total kasuss terkonfirmasi COVID-19 di Kudus ada 1.635 orang. Dari angka tersebut 44 orang di antaranya masih dirawat dan 168 orang terkonfirmasi positif Corona lainnya menjalani isolasi mandiri.

Berikutnya kasus sembuh terkonfirmasi positif Corona di Kudus ada 1.219 orang dan ada 203 orang meninggal dunia dengan status terkonfirmasi positif COVID-19.

Diberitakan sebelumnya, klaster ASN di bagian hukum Setda dan Kesbangpol Kudus ada yang terkonfirmasi positif Corona. Awalnya terdapat seorang pegawai di Bagian Hukum Setda Kudus yang meninggal dunia dan terkonfirmasi positif Corona.

"Dari tracing Jumat (25/9) kemarin dan Sabtu (26/9) ada tambah kasus dan ini di luar kasus baru di Kesbangpol. Kalau sama Kesbangpol satu pegawai terkonfirmasi Corona diperhitungkan jadi totalnya 15 ASN di lingkungan Setda Kudus," kata Jubir GTPP COVID-19 Kudus, Andini Aridewi saat dimintai konfirmasi detikcom lewat pesan singkat, Senin (28/9) .

(rih/sip)