Sugeng Tanggap Warsa Yogyakarta!

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 15:06 WIB
Selain Malioboro dan Titik Nol Kilometer, Tugu Pal Putih Yogyakarta menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan.
Tugu Pal Putih, Yogyakarta. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Kota Yogyakarta berulang tahun hari ini. Kota yang merupakan salah satu pusat budaya Jawa tersebut berulang tahun ke-264.

Dilansir website resmi Pemkot Yogyakarta, jogjakota.go.id pada Rabu (7/10/2020). Tema yang dipakai pada HUT ke-264 tahun Kota Yogyakarta kali yakni 'Tan Mingkuh Tumapak ing Jaman Anyar' yang jika diterjemahkan secara bebas berarti, 'tetap percaya diri menapaki zaman/era baru'.

Disebut pula di website tersebut, perayaan di masa Pandemi COVID-19 ini menjadi momentum bagi warga Kota Yogyakarta untuk menyatukan tekad dan saling gandeng gendong dengan optimis menjalankan tatanan kehidupan baru untuk dapat berkarya bagi Kota Yogyakarta.

Netizen juga ramai membahas Kota Yogyakarta di media sosial, salah satunya di Twitter. Yogyakarta berada di posisi ke-15 daftar trending topik Twitter Indonesia.

Sejumlah akun resmi di Twitter menyampaikan selamat ulang tahun kepada Kota Yogyakarta. Beberapa di antaranya akun @kratonjogja yang mencuit:
Dirgahayu Kota Yogyakarta!

Berikut adalah Pesanggrahan Ambarketawang. Kawasan ini menjadi tempat tinggal Sri Sultan Hamengku Buwono I sebelum pindah ke Keraton Yogyakarta pada 7 Oktober 1756, tepat 264 tahun yang lalu. Peristiwa ini menandai lahirnya Kota Yogyakarta
#hutjogja264

Selanjutnya, ada akun @BPPTKG yang mencuit:

Selamat Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke-264⁣

"Tan Mingkuh Tumapak ing Jaman Anyar"⁣

Semoga Kota Yogyakarta menjadi kota yg aman & nyaman bagi penghuninya, serta senantiasa memegang teguh nilai-nilai keistimewaan Yogyakarta.

#HUTKotaYogyakarta
#jogjaistimewa

Netizen juga tak ketinggalan mencuit ucapan selamat ulang tahun dilengkapi dengan foto-foto berlatar belakang sudut-sudut Kota Yogyakarta.

Di antaranya akun @natasyaaa14 yang mencuit:

Sugeng ambal warsa Yogyakarta

Ada pula akun @OreoCorneto yang mencuit:
Selamat ulang tahun Yogyakarta

I love you

(sip/mbr)